May day, pemerintah groundbreaking 10 ribu rumah susun untuk buruh

Kamis, 19 Maret 2015 18:08 Reporter : Andrian Salam Wiyono
May day, pemerintah groundbreaking 10 ribu rumah susun untuk buruh Menaker Hanif Dhakiri. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Pemerintah akan mendirikan 10 ribu unit rumah susun sewa sederhana (rusunawa) yang diperuntukkan bagi buruh. Rencananya groundbreaking atau pemasangan tiang pancang rusunawa akan dilakukan di Semarang saat bertepatan dengan may day atau 1 Mei 2015.

"Dalam rangka menyambut may day tahun ini, salah satu kegiatan yakni ground breaking untuk perumahan buruh sebanyak 10 ribu rusunawa," kata Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri, usai mengunjungi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Dalam Negeri (BBPLKDN) Bandung, Kamis (19/3).

Saat ini sudah ada sembilan provinsi yang siap menyediakan lahan untuk perumahan buruh. Lokasinya yakni DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Bali.

Pembangunannya akan dilakukan di sekitar kawasan industri tempat para buruh bekerja.

"Yang pasti 10 ribu bentuknya akan rusunawa. (Yang siap) ada di 9 provinsi. Salah satu di antaranya adalah Jabar dan Jateng," jelasnya.

Dia menambahkan, rusunawa untuk buruh ini merupakan kombinasi program pemerintah 1 juta perumahan rakyat. "Ini akan dikombinasikan dengan program 1 juta perumahan rakyat," paparnya.

Pembangunan rusunawa untuk buruh ini diharapkan dapat menekan biaya perumahan dan transportasi bagi para pekerja. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Buruh
  3. Rumah Murah
  4. Rumah Susun
  5. Bandung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini