Mahfud MD Pastikan Pemerintah Tak Cekal Rizieq Syihab Kembali ke Tanah Air

Rabu, 27 November 2019 16:56 Reporter : Merdeka
Mahfud MD Pastikan Pemerintah Tak Cekal Rizieq Syihab Kembali ke Tanah Air Hengky Kurniawan dan Habib Rizieq di Mekah/instagram Hengky Kurniawan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud MD memastikan tak ada pencekalan yang dilakukan pemerintah terhadap Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab. Ini menjawab polemik Rizieq yang kesulitan pulang ke tanah air sehingga tetap berada di Arab Saudi.

Ini disampaikan usai melakukan rapat koordinasi terbatas dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Agama Fachrul Razi. Ketiganya membahas masalah SKT FPI, reuni akbar alumni 212, serta kepulangan Rizieq.

"Kepulangan Habib Rizieq, kami tadi berdiskusi mengecek ke semua lini, jalur-jalur yang kami miliki. Jalur Menteri Agama, jalur Mendagri, jalur Menko Polhukam, itu ternyata memang tidak ada sama sekali pencekalan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia," ucap Mahfud di kantornya, Jakarta, Rabu (27/11).

Menurutnya, Rizieq tidak pernah menyampaikan persoalan yang dihadapi di Arab Saudi kepada pemerintah Indonesia. Sehingga pemerintah tidak bisa berbuat banyak.

"Habib Rizieq sendiri tidak pernah melapor tentang masalahnya. Kita mendengarnya dari YouTube dari medsos. Kalau tidak melapor, bagaimana kita mau bertindak," ungkap Mahfud.

1 dari 1 halaman

Pemerintah Siap Bantu Rizieq

Dia memastikan Konsulat Jenderal dan Kedutaan Besar Indonesia di Arab pasti membantu setiap WNI yang memiliki masalah. Termasuk jika minta dipulangkan.

Mahfud meminta Rizieq menyelesaikan masalahnya dengan pemerintah Arab Saudi. Jika diminta dan diperlukan, pemerintah akan membantu.

"Nanti kalau memang secara formal diperlukan pemerintah turun tangan, sesudah beliau kontak masalah di Arab Saudi, tentu kewajiban kita untuk ikut turun tangan," kata Mahfud.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [noe]

Baca juga:
Ngaku Dicekal, Rizieq Disarankan Moeldoko Komunikasi dengan KBRI
Saudi dan Indonesia Negosiasi Soal Rizieq
Bertemu Mahfud MD, Dubes Arab Saudi Bantah Bahas Rizieq Shihab
Habib Rizieq Diharapkan Pulang Hadiri Reuni Akbar 212
Kepala BNPT: Status Habib Rizieq Bukan Kasus Terorisme
Mahfud Sebut Surat untuk Rizieq Bukan Pencekalan, Tapi Larangan Keluar dari Arab

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini