Lebaran Sudah Dekat, Pemerintah Siapkan Kondisi Terburuk Bila Penularan Covid Tinggi

Senin, 10 Mei 2021 14:23 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Lebaran Sudah Dekat, Pemerintah Siapkan Kondisi Terburuk Bila Penularan Covid Tinggi Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Humas BNPB

Merdeka.com - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyebut pemerintah mempersiapkan kondisi terburuk terkait penanganan Covid-19 mendekati masa-masa Lebaran. Pemerintah khawatir penularan corona kembali tinggi setelah suasana lebaran selesai.

"Lebaran sudah dekat dan tugas kami adalah mempersiapkan kondisi terburuk. Saya merasa dan berharap Insya Allah ini tidak terjadi, tapi toh kalaupun terjadi peningkatan penularan kita ingin melakukan antisipasi agar kita tidak kaget dan cukup fasilitasnya," kata Budi di akun Sekretariat Presiden, Senin (10/5).

Budi mengungkapkan, sejak Januari pemerintah mengantisipasi kesediaan tempat tidur rumah sakit. Tujuannya supaya tidak terjadi seperti negara lain di mana kapasitas tempat tidurnya tidak siap, maupun obat-obatan dan fasilitas lainnya seperti oksigen.

"Untuk rumah sakit total nasional tempat tidur yang kita miliki sekitar 390.000. Yang bisa dipakai Covid karena harus isolasi ada sekitar 70-an ribu," ucapnya.

"Dan kita juga punya ICU untuk yang parah secara nasional 22.000. Tapi ICU yang didedikasikan untuk Covid ada sekitar 7.500," tambah Budi.

Dia menjelaskan, saat ini ada 23.000 tempat tidur yang ditempati pasien isolasi Covid dari kapasitas 65.000 hingga 70.000 tempat tidur yang tersedia. Sehingga, pemerintah masih punya sekitar 40 ribu atau dua kali lipat dari keterisian pasien covid sekarang.

"Kita tidak mengharapkan bahwa yang masuk rumah sakit akan naik dua kali lipat tapi sebagai informasi Bapak Ibu kita sudah menyiapkan kapasitas 65.000 atau sekitar 70.000-an. yang sekarang yang sudah setinggi 23000-an jadi masih ada room," tuturnya.

"Itu untuk memberikan gambaran ke Bapak Ibu persiapan sudah kita lakukan. saya berdoa persiapan itu tidak terpakai dan tetap menjadi kosong gitu ya tapi kalau toh pun ada seenggaknya kita sudah melakukan persiapan," pungkasnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini