Layar Petunjuk Arah di Garut Diretas Hacker Jadi Kalimat Tak Senonoh

Senin, 23 September 2019 12:16 Reporter : Mochammad Iqbal
Layar Petunjuk Arah di Garut Diretas Hacker Jadi Kalimat Tak Senonoh layar lampu merah dihack. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Para pengguna jalan di Kabupaten Garut yang melewati lampu merah perempatan Jalan Terusan Pembangunan, Minggu (22/9) petang sempat dihebohkan dengan berubahnya tulisan pada layar menjadi kalimat tidak senonoh. Dinas Perhubungan Kabupaten Garut pun mengambil langkah hukum dengan melaporkan kejadian tersebut kepada kepolisian.

Selama beberapa jam, layar pengarah jalan yang tadinya menunjukan arah berubah menjadi kalimat 'Selamat mencoba we hacker ew**n'. Video rekaman perubahan tersebut pun sempat beredar di aplikasi whatsapp dan sejumlah media sosial.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman menyebut bahwa kejadian berubahnya tulisan pada layar pengarah jalan tersebut sekitar pukul 17.00 hingga 19.00. "Awalnya itu kan isi tulisan pada layar adalah penunjuk arah jalan tiba-tiba berubah menjadi kalimat tidak senonoh. Memalukan sekali itu," ujarnya, Senin (23/9).

Suherman mengaku bahwa dirinya mengetahui adanya perubahan tulisan pada layar dari masyarakat yang mengirimkan foto dam video kepadanya. Saat itu pun ia mengaku langsung memerintahkan teknisi agar mematikan sementara agar tulisan tersebut tidak kembali muncul.

"Sekitar pukul 19.00 tulisan tersebut sudah tidak ada setelah teknisi kita langsung bergerak. Tapi ini kejadian sangat memalukan karena ada kata-kata yang tidak senonohnya. Kejadian ini juga kan menjadi perbincangan di dunia maya," katanya.

Atas kejadian tersebut, Suherman mengaku sudah melakukan pelaporan resmi kepada kepolisian agar bisa menyelidikan dan menangkap pelaku yang mengubah tulisan tersebut. Namun diluar hal tersebut, ia juga akan lebih memerhatikan agar kejadian serupa tidak kembali terjadi sehingga dapat mencoreng nama baik Kabupaten Garut.

Suherman sendiri belum mengetahui siapa pelakunya, termasuk cara pelaku dalam merubah tulisan ada layar tersebut. Namun ia mengimbau agar masyarakat tidak melakukan hal tersebut karena akan membuat malu Kabupaten Garut.

"Kita berharap orang iseng ini bisa ditangkap. Saya juga begitu kejadian sudah melapor langsung kepada pak Bupati," katanya. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Hacker
  2. Aksi Hacker
  3. Garut
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini