Larangan Mudik, Ganjar Minta Gugus Tugas Covid-19 Pusat Jamin Kebutuhan Dasar Warga

Sabtu, 28 Maret 2020 13:49 Reporter : Merdeka
Larangan Mudik, Ganjar Minta Gugus Tugas Covid-19 Pusat Jamin Kebutuhan Dasar Warga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 pusat menjamin ketersediaan kebutuhan dasar masyarakat. Hal itu menyusul pelarangan mudik yang diberlakukan guna mencegah penyebaran virus Corona semakin meluas.

"Untuk menjamin kehidupan warga di perantauan yang sudah tidak bisa bekerja, kami pun mengusulkan pada gugus tugas pusat agar memberikan jaring pengaman sosial. Ada jaminan kebutuhan dasar untuk masyarakat selama menjalani social atau phisycal distancing di rumahnya masing-masing," tutur Ganjar dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Sabtu (28/3).

Menurut Ganjar, pelarangan mudik itu pun dikoordinasikan bersama pemerintah daerah terkait. Baik itu Jawa Barat, Jawa Timur, hingga khususnya teruntuk DKI Jakarta yang menjadi zona merah dengan tingkat kasus Covid-19 tertinggi.

"Jika panjenengan sayang sama keluarga di kampung, jika panjenengan pengen keluarga tetap sehat dan selamat, urungkan niat untuk pulang kampung. Tidak usah pulang kampung," jelas dia.

Teruntuk seluruh masyarakat yang ada di Jakarta, lanjut Ganjar, diharapkan dapat bijaksana dengan berdiam diri di rumah. Bukan saatnya mengabaikan dan meremehkan penyebaran Covid-19 dengan tetap melancong ke wilayah lain.

"Bapak ibu yang ada di Jakarta, anda tahu tentu saja Ibu Kota adalah zona merah corona. Kita tidak tahu siapa yang sudah terpapar. Mungkin saya, anda, teman, atau keluarga kita. Artinya bapak ibu mungkin saja sudah tertular, sudah positif corona, tapi tidak mengetahuinya. Sebab sebagian penderita memang tidak merasakan gejala," kata Ganjar.

Reporter: Nanda Perdana
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini