Lantik Pj Bupati Bandung, Ridwan Kamil Sebut Kepemimpinan di KBB Urusan Kemendagri

Jumat, 9 April 2021 18:03 Reporter : Aksara Bebey
Lantik Pj Bupati Bandung, Ridwan Kamil Sebut Kepemimpinan di KBB Urusan Kemendagri Ridwan Kamil melantik Dedi Taufik sebagai penjabat Bupati Bandung. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Kepala Dinas Pariwisata (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bandung, Jumat (9/4). Dia akan menduduki posisi itu sampai pasangan pemenang Pilkada Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan, dilantik sebagai kepala daerah definitif.

"Dedi Taufik ini sesuai aturan di eselon II, bekerja 2 sampai 3 minggu kalau tidak ada perubahan. Dalam prinsip kepemimpinan tidak ada istilah pemimpin panjang atau pendek. Tiap hari bertanggung jawab mengambil keputusan," ucap Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung.

"Bedanya waktu menjabat dibatasi tidak semua keputusan jadi wewenang, misal tidak ada rotasi dan mutasi, tidak boleh kemudian membatalkan izin yang sudah dilakukan," lanjutnya.

Ridwan Kamil meminta Dedi Taufik menyelesaikan urusan persiapan mudik Lebaran hingga berkomunikasi kepada bupati dan wakil bupati terpilih agar transisi pemerintahan bisa berjalan cepat. Selain itu, dia menitipkan urusan manajemen dan penerapan protokol kesehatan di sektor pariwisata.

"Karena banyak dinamika di Kabupaten Bandung termasuk pariwisata dan Pak Dedi ini kan kadisparbud, sehingga bisa melakukan dua kewenangan dalam satu jabatan. Harapannya Ramadan, mudik, semua bisa terkendali dan wilayah pariwisata," ucap dia.

Ditanya mengenai tindak lanjut tampuk kepemimpinan di Kabupaten Bandung Barat setelah Bupati Aa Umbara ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ridwan Kamil mengatakan, urusan ini ada di Kemendagri.

"Ya bolanya ada di Kemendagri kalau sudah urusan ini tidak ada diskresi gubernur. Tapi logikanya, kalau ada, yang pasti wakil. Pasti Pak Hengky Kurniawan (jadi Bupati KBB), tapi penetapannya bagaimana karena masih status hukum jadi belum pasti," kata dia.

Sementara itu, Dedi Taufik mengaku salah satu fokusnya adalah menanggulangi pandemi. Penjabat Bupati pun secara langsung menjadi ketua Satgas Covid-19. Sisanya, sesuai amanat Gubernur Jawa Barat adalah memastikan integritas ASN terjaga, termasuk persiapan pengamanan mudik Lebaran.

"Itu perlu akselerasi dan perlu percepatan, hari ini saya konsolidasi dengan OPD. Kemudian tempat wisata juga kan Sabtu Minggu dikunjungi, saya juga akan pantau daya tarik pariwisata," terang dia.

"Saya tidak akan melakukan mutasi rotasi, amanat Kemendagri selaku Pj Bupati Bandung yang penting memimpin pelaksanaan pemerintahan sesuai kewenangannya, gugus tugas sesuai fungsinya," pungkasnya. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini