Kurangi tawuran, Kemenhan gelar lomba debat antar-siswa SMA

Reporter : Baiquni | Selasa, 6 November 2012 10:16
Kurangi tawuran, Kemenhan gelar lomba debat antar-siswa SMA
Purnomo Yusgiantoro. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Sikap cinta tanah air pada generasi muda dinilai telah luntur. Ini terbukti dengan maraknya tawuran antarpelajar, premanisme yang semakin meluas, serta kurangnya perhatian pada budaya bangsa.

Cara Irit Pererat Pertemanan dengan Jalan-JalanUntuk mencegah meluasnya hal itu, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menggelar lomba debat tingkat SLTA. Ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali sikap bela negara dan cinta tanah air dalam diri generasi muda.

"Kami ingin meningkatkan itikad bela negara dan cinta tanah air dengan menggelar lomba debat ini," ujar Menteri Pertahanan (Menhan), Purnomo Yusgiantoro, dalam acara pembukaan lomba di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (6/11).

Purnomo menjelaskan, melalui lomba debat ini, para pelajar dapat melatih argumen dalam rangka mempertahankan kedaulatan bangsa.

"Diharapkan lomba ini menjadi satu wahana untuk melatih pemikiran para pelajar dalam rangka membentuk karakter bangsa," kata dia.

Selanjutnya, Purnomo menerangkan, sikap bela negara merupakan karakter bangsa yang didasari kecintaan terhadap NKRI.

"Sikap bela negara dan cinta tanah air itu sendiri adalah salah satu dari nilai karakter bangsa yang harus terus dipertahankan," ucap dia.

Lebih lanjut, Purnomo menambahkan, alasan membidik generasi muda karena melihat peran mereka di masa depan. "Ini kita lakukan karena kita tahu generasi muda ini akan memimpin bangsa," pungkas dia.

[ren]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE