Komisi X DPR Minta Kemendikbud Terbuka Soal Program Ormas Latih Guru

Minggu, 8 Maret 2020 09:53 Reporter : Fikri Faqih
Komisi X DPR Minta Kemendikbud Terbuka Soal Program Ormas Latih Guru Ketua Kelompok Komisi VIII DPR RI Lathifah Shohib. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Kelompok Komisi VIII DPR RI, Lathifah Shohib menilai, program pelatihan guru dan kepala sekolah untuk organisasi masyarakat (ormas) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak transparan. Pasalnya ada yang janggal dalam penetapan ormas yang bisa mengikuti program tersebut.

Dia heran karena program ini baru diluncurkan, dan ada beberapa organisasi daerah yang kompeten dalam menyelenggarakan pendidikan kemudian langsung mendaftarkan dirinya. Anehnya, dua hari pasca program diluncurkan, pendaftaran sudah ditolak.

"Jadi disinyalir sudah ada ploting untuk ormas atau LSM. Kalau memang sudah di-design sedemikian rupa untuk kepentingan kelompok tertentu, ngapain di-launching? Parameter dan track record organisasi yang lolos seleksi harus dibuka ke publik," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (8/3).

Karena itu, Lathifah menuntut adanya transparansi dari Kemendikbud terkait rekrutmen lembaga yang bisa mengikuti program tersebut.

"Program organisasi penggerak rawan dimasuki organisasi radikal. Dibutuhkan transparansi. Harus melibatkan organisasi keagamaan yang telah bergerak di pendidikan selama puluhan tahun salah satunya NU," tegasnya.

Baca Selanjutnya: Pelatihan ini nantinya dilakukan kepada...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Komisi X DPR
  3. DPR
  4. Kemendikbud
  5. PKB
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini