Kolam tua jejak sejarah Jalan Cihampelas itu sudah sirna

Kamis, 22 Oktober 2015 13:28 Reporter : Astri Agustina
Kolam tua jejak sejarah Jalan Cihampelas itu sudah sirna Kolam Pemandian Tjihampelas. ©2015 Merdeka.com/Astri Agustina

Merdeka.com - Tahukah kamu kenapa salah satu pusat belanja jeans di Bandung itu dinamakan Cihampelas?

Sejarah tetaplah sejarah, namun asal muasal nama Cihampelas itu kini hanya tersisa tangis. Nama Cihampelas yang bermula dari sebuah kolam renang bersejarah itu kini sudah tidak ada.

Kolam renang bernama Tjihampelas itu sudah rata dengan tanah. Bahkan kini menjulang sebuah gedung tinggi yang bersifat komersil milik pribadi.

Pembangunan gedung tinggi itu sebenarnya sempat menuai kontroversi. Sebab, kolam renang Tjihampelas merupakan kolam renang tertua di Bandung. Berkat kolam renang inilah nama Jalan Cihampelas muncul.

Penamaan kawasan dan Jalan Cihampelas diambil dari kolam renang tersebut. Pada saat pembuatan kolam renang, terdapat pohon Hampelas yang merupakan sejenis pohon dedaunan kasar dan bisa digunakan sebagai penggosok.

Sumber air yang digunakan untuk mengisi kolam tersebut berasal dari pohon hampelas yang ada di sekitar kolam.

Namun, seiring berjalannya waktu Jalan Cihampelas kini memang banyak perubahan. Mulai dari banyaknya factory outlet, hingga kini Cihampelas merupakan kawasan paling favorit bagi wisatawan untuk berbelanja.

Factory outlet yang tematik mengusung superhero ini seperti menjadi identitas baru dari Cihampelas. Tak lagi kolam renang, Cihampelas terus berkembang dengan produk fesyennya. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Merdeka Bandung
  2. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini