Ketua KPK Analogikan Korupsi Seperti Virus Covid-19

Minggu, 18 Juli 2021 22:05 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ketua KPK Analogikan Korupsi Seperti Virus Covid-19 KPK-SFO Inggris Perkuat Kerjasama Penanganan Perkara Korupsi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menganalogikan korupsi seperti virus Covid-19. Siapapun yang tidak menjaga imun anti korupsi, maka bisa terpapar.

"Layaknya Virus Corona, korupsi terbukti mampu beradaptasi, berevolusi bahkan berinovasi dalam kondisi apapun, sehingga siapapun yang tidak menjaga imun antikorupsi, dapat terpapar dan menularkannya ke orang-orang yang minim integritas, etika serta moral," katanya saat memperingati World Day for International Justice, Minggu (18/7).

Perilaku korup telah beradaptasi dan berevolusi. Termasuk berinovasi dalam situasi dan kondisi apapun di negeri ini. Sehingga, kejahatan kemanusiaan ini dapat terjadi secara sistematik, terstruktur dengan dampak destruktif sistemik.

"Jaga dan perkuat imun anti korupsi dengan selalu menerapkan perilaku hidup sederhana dan berani jujur dalam hal-hal sekecil apapun, serta teguhkan selalu nilai-nilai ketuhanan, agama dan pancasila dalam rutinitas keseharian kita," ucap eks Kabarhakam Polri ini.

Firli melanjutkan, korupsi adalah salah satu kejahatan kemanusiaan yang saat ini menjadi musuh bersama seluruh bangsa di dunia. Tak terkecuali bangsa Indonesia yang memiliki catatan dan sejarah kelam dengan kejahatan korupsi.

"Korupsi menjauhkan suatu bangsa bangsa di dunia dari kata kemakmuran, bahkan korupsi dapat menyebabkan gagalnya suatu negara mewujudkan tujuannya," ujarnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Firli Bahuri
  3. Kasus Korupsi
  4. KPK
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini