Kemhan Sebut 10 Ribu Orang Daftar Komponen Cadangan

Jumat, 11 Juni 2021 10:39 Reporter : Ronald
Kemhan Sebut 10 Ribu Orang Daftar Komponen Cadangan dahnil anzar. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Selama 12 hari sejak 27 Mei hingga 7 Juni Kementerian Pertahanan telah menerima ribuan orang yang mendaftarkan Komponen Cadangan alias Komcad. Pendaftaran dilakukan baik online maupun offline.

"Sampai ditutup pendaftaran Komponen Cadangan di Pulau Jawa, pada tanggal 7 Juni yang lalu, jumlah pendaftar sangat antusias, sampai ditutup jumlah pendaftar baik online maupun offline mendekati 10 ribu orang," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan RI Dahnil Anzar Simanjuntak dalam siaran pers yang diterima merdeka.com, Jumat (11/6).

Kata Dahniel, ini menunjukkan antusiasme semangat anak bangsa untuk berkontribusi terhadap pertahanan negara. Usai pendaftaran ini, seluruh pendaftar akan melalui tahapan seleksi kompetensi, dan tentu dengan protokol kesehatan yang ketat, di Rindam-Rindam yang ada di pulau Jawa. Seleksi itu akan dilakukan dari 7 Juni hingga 17 Juni.

Nantinya, lanjutnya, yang terpilih, masuk tahap Latsarmil (Pelatihan Dasar Militer) selama 3 bulan, sebanyak 2500 orang mulai 21 Juni hingga 21 September.

"Dan setelah itu akan ditetapkan sebagai anggota Komcad guna memperkuat kekuatan dan kemampuan TNI kita untuk pertahanan negara," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan resmi membuka rekrutmen komponen cadangan atau Komcad. Warga negara Indonesia yang memenuhi syarat silakan bergabung dan mengikuti pelatihan.

"Hari ini kita adakan pendataan dan pemeriksaan awal persyaratan bagi calon Komponen Cadangan, bagi masyarakat yang memenuhi syarat nantinya akan kita lakukan pendaftaran di Makorem 051/Wkt," kata Perwira Seksi Personel (Pasi Pers) Kodim 0504/Jakarta Selatan Mayor Arh Mulyoto dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu (29/5).

Mulyoto merinci, sejumlah persyaratan harus dipenuhi seperti warga negara indonesia (WNI), usia minimal 18 sampai dengan 35 tahun, tidak memiliki catatan kriminalitas, sehat jasmani dan rohani, laki-laki atau perempuan, bukan anggota TNI/Polri, bersedia dimobilisasi di seluruh wilayah NKRI, dan bersedia mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh panitia.

"Pendaftaran pelatihan Komcad bagi masyarakat dengan proses rekrutmen dibuka secara sukarela dan memiliki syarat tertentu harus dipenuhi pendaftar, untuk pendaftaran secara online bisa melalui website komcad.kemhan.go.id," jelas dia. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Komponen Cadangan
  3. Kemenhan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini