Kemendikbud Siapkan 2 Opsi Bantuan untuk 40.081 Seniman Terdampak Covid-19

Selasa, 7 April 2020 16:04 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Kemendikbud Siapkan 2 Opsi Bantuan untuk 40.081 Seniman Terdampak Covid-19 Seniman Lukis. ©liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan mendata sebanyak 40.081 seniman yang terdampak pandemi virus corona di Indonesia. Sebab, para pekerja seni merasakan dampak corona karena tidak ada lagi pertunjukan dan festival.

"Hingga saat ini, jumlah seniman yang terdata sebanyak 40.081. Angka ini terus bertambah hingga pendataan ditutup pada Rabu (8/4) dini hari," ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid dilansir Antara, Selasa (7/4).

Hilmar menambahkan rata-rata penghasilan pekerja seni tersebut sekitar Rp5 juta per bulan. Namun dikarenakan tidak ada lagi acara, maka mereka tidak mendapatkan penghasilan.

Untuk solusinya, Kemendikbud membaginya menjadi dua skema. Pertama, untuk seniman dengan kriteria yang berpenghasilan di bawah Rp10 juta per bulan, sudah berkeluarga, tidak memiliki program lain dan belum mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), maka diusulkan untuk mendapatkan program PKH dari Kementerian Sosial.

"Jumlah dari yang mendaftar tersebut sekitar 11.873 pekerja seni atau 29,62 persen," jelas dia.

Kedua, seniman yang mempunyai penghasilan di bawah 10 juta per bulan, tidak punya penghasilan lain, belum berkeluarga, belum mendapatkan bantuan sosial, maka diusulkan untuk mendapatkan kartu prakerja. Jumlah sekitar 9.122 dari jumlah seniman yang terdata tersebut.

Baca Selanjutnya: Hilmar mengaku sudah berkoordinasi dengan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini