Kasus Covid-19 B1351 di Bali Terjadi Lewat Transmisi Lokal

Selasa, 4 Mei 2021 15:32 Reporter : Moh. Kadafi
Kasus Covid-19 B1351 di Bali Terjadi Lewat Transmisi Lokal Rumah sakit karantina pasein corona. ©2020 AFP PHOTO/CHAIDEER MAHYUDDIN

Merdeka.com - Seorang warga di Kabupaten Badung, Bali, terpapar varian baru virus Covid-19 dari Afrika Selatan dengan kode B.1.351 dan telah dinyatakan meninggal dunia. Dinkes Bali menduga kasus tersebut terjadi akibat transmisi lokal.

"Iya transmisi lokal. Memang pelacakan kontak sudah dilakukan tracing dan testing sudah dilakukan," kata Kepala Dinas Kesehatan Bali I Ketut Suarjaya, di Denpasar, Bali, Selasa (4/5).

Ketika warga positif Covid-19, pihaknya sudah langsung melakukan tracing ke pihak keluarga. Hasilnya ditemukan satu orang keluarganya yang juga positif Covid-19 dan satu orang tersebut telah dinyatakan sembuh.

"Waktu dia positif, kita belum tahu bahwa varian baru kan sesuai dengan standar SOP-kan. Kita sudah tracing dan memang satu keluarganya kena dari kasus ini sudah meninggal. (Keluargnya) ini positif tapi tidak sampai meninggal dia sembuh," imbuhnya.

Suarjaya mengatakan uji sampel kasus positif varian baru tersebut akan dikirim ke Litbangkes Kementerian Kesehatan.

"Kalau ada positif di wilayah dimana kasus itu ada. Dalam satu bulan ini, Bulan Mei itu semua sampel kita kirim ke Litbangkes untuk menentukan apakah sudah ada transmisi di daerah itu," jelasnya.

"Dalam Bulan Mei ini, semua kasus positif yang ada dari daerah dimana kasus itu ada. Itu akan dikirim ke Litbangkes karena yang bisa melakukan Litbangkes jadi simpelnya kita kirim," ujar Suarjaya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini