Kasus Brigadir J, 31 Anggota Polri Langgar Etik Diduga Tidak Profesional Olah TKP

Kamis, 11 Agustus 2022 18:53 Reporter : Nur Habibie
Kasus Brigadir J, 31 Anggota Polri Langgar Etik Diduga Tidak Profesional Olah TKP Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. ©2019 Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, 31 personel telah terbukti melakukan pelanggaran kode etik dalam kasus tewasnya Brigadir J alias Nopryansyah Yosua Hutabarat . Diketahui, sudah ada 56 orang dimintai keterangan oleh penyidik Tim Khusus (Timsus) Polri.

"Jadi untuk Itsus kan pemeriksaan masih bertambah yang sudah dimintai keterangan ada 56, 31 sudah terbukti melakukan pelanggaran etik," katanya kepada wartawan, Kamis (11/8).

Dia menjelaskan, mereka terbukti melakukan pelanggaran kode etik karena diduga tidak profesional dalam pelaksanaan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

2 dari 3 halaman

"Karena ketidakprofesionalannya di dalam olah TKP, kemudian ada dugaan obstruction of justice dan juga masih dikembangkan," ujarnya.

Dedi menyebut, apabila 31 orang tersebut terbukti melakukan pelanggaran pidana. Maka, mereka nantinya akan diserahkan ke penyidik Bareskrim Polri.

"Itsus ini masih berproses, kalau misalnya dari 31 itu terbukti ada pelanggaran pidananya, dari Itsus itu semua diserahkan penyidik. Nanti dari dari penyidik Bareskrim akan menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi," terangnya.

3 dari 3 halaman

"Mohon bersabar rekan-rekan nanti kita juga akan menyampaikan udpatenya apabila sudah ada informasi baik dari Dirtipidum maupun dari Itsus," tutup Dedi.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, personel Polri yang diduga tidak profesional dalam penanganan kasus penembakan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J bertambah menjadi 31 personel. Semula, sebanyak 25 personel Polri yang kedapatan tidak profesional dalam kasus Brigadir J.

"25 personel yang kita periksa, dan sekarang bertambah jadi 31 personel," kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8). [fik]

Baca juga:
LPSK Pastikan Tak Ada Pihak Diistimewakan di Kasus Brigadir J
Ini Sosok Bripka RR, Ajudan Istri Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Brigadir J
Rekaman CCTV Kasus Brigadir J Tewas Beredar, Ini Penjelasan Polri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini