Kapan duo 'Bali Nine' dieksekusi mati?

Senin, 16 Februari 2015 12:56 Reporter : Rizky Andwika
Kapan duo 'Bali Nine' dieksekusi mati? Terpidana mati Bali Nine. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Eksekusi mati kedua anggota 'Bali Nine' Andrew Chan dan Myuran Sukumaran semakin dekat. Kejaksaan Agung akan memindahkan keduanya ke lokasi eksekusi, yaitu di kompleks penjara Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

"Segera ya, mungkin dalam dekat ini akan diberangkatkan," kata Kapuspen Kejagung, Tony Spontana kepada wartawan, Jakarta, Senin (16/2).

Tony menjelaskan, proses hukum terhadap kasus ini sudah selesai. Termasuk grasi keduanya yang ditolak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lantaran sudah final, jadi menurutnya sudah tidak ada yang musti ditunggu. Kejagung memastikan tidak akan menunda pelaksanaan eksekusi mati.

"Tidak ada penundaan, karena persiapan eksekusi tahap kedua kita laksanakan sampai saat ini," lanjutnya.

Saat ini persiapan terjadi di Lapas Kerobogan, Bali. Eksekusi duo anggota Bali Nine akan didahulukan ketimbang terpidana lainnya.

"Setelah itu (eksekusi Andrew dan Myuran) dari Madiun, selanjutnya yang lebih dekat dari Nusakambangan, Yogya dan sekitarnya itu terakhir," terang Tony.

Memang hingga saat ini Kejagung belum mengumumkan tanggal pelaksanaan eksekusi. Penentuan tanggal menunggu kedua terpidana sampai di Nusakambangan, dan akan diumumkan resmi oleh Jaksa Agung HM Prasetyo.

"Setelah semua terkumpul di Nusakambangan baru ditentukan hari H-nya. Nanti kita tunggu waktunya yang tepat kita eksekusi, nanti Jaksa Agung akan mengumumkan secara resmi tanggal dan hari pelaksanaannya," kata Tony. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini