KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kapal sembako tujuan Tarakan karam di laut Sulawesi, 10 ABK selamat

Senin, 20 Maret 2017 23:31 Reporter : Nur Aditya
Ilustrasi Kapal Tenggelam. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapal motor (KM) Mujur Indah bermuatan sembako yang berlayar dari Parepare Sulawesi Selatan tujuan Tarakan di Kalimantan Utara, dilaporkan karam di laut Sulawesi, Minggu (19/3). Sepuluh anak buah kapal (ABK) selamat dan telah dibawa ke Samarinda menaiki KM Adhitya yang berlayar dari Parepare tujuan Samarinda.

Keterangan diperoleh, kapal nahas itu karam kira-kira 19.00 Wita, Minggu (19/3) malam kemarin setelah dihantam cuaca buruk di tengah perairan laut. Beruntung, 10 ABK yang terombang ambing di lautan ditemukan KM Adhitya, yang berlayar dari Parepare menuju ke Samarinda, Kalimantan Timur.

"Kapal sembako itu berlayar dari Parepare ke Tarakan. Sepuluh penumpang terombang ambing, diselamatkan KM Adhitya ke Samarinda," kata Petugas Pengolah Data BPBD Kota Samarinda, Nanang Arifin, kepada wartawan, Senin (20/3).

Kesepuluh ABK yang berasal dari Sulawesi itu adalah Sultan sebagai Nakhoda asal Bojo, Kamaluddin sebagai KKM asal Sore'a, Aris sebagai Mualim I asal Lumpu'e, Hendra sebagai Masinis 1 asal Sore'a, Jamaluddin sebagai Juru Mudi asal Bojo, Herman sebagai Juru Mudi asal Barru, Ardi sebagai Oiler asal Sore'a, Rusli sebagai Oiler asal Lumpu'e, Sofyia sebagai Oiler asal Bojo, dan Aswar sebagai Koki asal Sore'a.

"Kesemuanya dalam kondisi selamat dan sehat. Di atas kapal (KM Adhitya) sudah diberikan pertolongan pertama oleh kru dan medis," ujar Nanang.

KM Adhitya dengan Kapten Kapal Masri, akhirnya tiba dan bersandar di Pelabuhan Samarinda di Jalan Yos Sudarso, pukul 11.00 WITA pagi tadi.

Ke semua ABK KM Mujur Indah yang selamat mendapatkan penanganan dari Polsekta Kawasan Pelabuhan Samarinda, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), BPBD, Medis Pelabuhan, LSM Sosial Pelik, untuk kembali mendapatkan pelayanan medis.

"Ya, semua selamat dan sehat," demikian Nanang menegaskan. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Kapal Tenggelam
  2. Jakarta

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.