Jokowi: RUU Ibu Kota Sudah Rampung, Minggu Depan Disampaikan kepada DPR

Jumat, 17 Januari 2020 15:25 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: RUU Ibu Kota Sudah Rampung, Minggu Depan Disampaikan kepada DPR Jokowi buka raker kepala perwakilan RI. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Rancangan Undang-undang (RUU) ibu kota baru sudah rampung. RUU itu akan diserahkan kepada DPR pada pekan depan.

"Draf RUU Ibu Kota sudah rampung. Minggu depan, saya harapkan Insyaallah kita sampaikan kepada DPR," kata Jokowi saat berbicang bersama wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (17/1).

Dalam rancangan UU tersebut belum dibahas terkait Jakarta. Dia menjelaskan nantinya akan dijabarkan terkait proses pemindahan ibu kota baru dipimpin oleh Badan Otorita.

"Mengenai Pemerintahan kemungkinan masih di bawah provinsi Kaltim. Tapi nanti kan ini pembahasannya di Dewan," ungkap Jokowi.

1 dari 1 halaman

Belum Tau Siapa yang Bakal Isi Badan Otorita

Terkait badan otorita sendiri, Jokowi belum mau merinci siapa yang akan memimpin. Sebab harus memiliki kriteria yang berat. Yaitu harus mengerti terkait keuangan global, tata kota serta memiliki jaringan internasional.

"Muda. Kalau nanti dapatnya yang tua juga enggak apa apa," ungkap Jokowi. [eko]

Baca juga:
PLN: Kelistrikan Ibu Kota Baru Menjadi yang Terbaik di Dunia
Alasan Jokowi Libatkan Tony Blair Hingga Putra Mahkota UEA Bangun Ibu Kota Baru
Menteri LHK akan Tutup Penambangan Liar di Wilayah Ibu Kota Baru
Putra Mahkota UEA Hingga Tony Blair Jadi Dewan Pengarah Ibu Kota Baru
Jokowi Ingin Transportasi di Ibu Kota Baru Tanpa Pengemudi
Anggaran Pemerintah Bangun Ibu Kota Baru Diprediksi Tak Capai Rp100 T

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini