Jokowi: Pemerintah Amankan 370 Juta Dosis Vaksin Covid-19 hingga Akhir Tahun

Jumat, 20 Agustus 2021 09:27 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: Pemerintah Amankan 370 Juta Dosis Vaksin Covid-19 hingga Akhir Tahun Jokowi Perintahkan Jajarannya Respons Cepat Lonjakan Kasus Covid-19 di Luar Jawa-Bali. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo(Jokowi) menjelaskan pemerintah menargetkan hingga akhir tahun pemerintah akan mengamankan 370 juta dosis vaksin Covid-19. Dalam dua hari ini, Indonesia telah kedatangan vaksin AstraZeneca hasil bantuan dari Belanda, vaksin Sinovac dan sekitar 1,5 juta dosis vaksin Pfizer.

"Jika tidak ada halangan sesuai komitmen dengan sejumlah pihak, hingga akhir tahun ini, pemerintah sudah mengamankan sekitar 370 juta dosis," kata Jokowi dikutip merdeka.com dalam akun instagramnya , Jumat(20/8).

Jokowi menjelaskan pemerintah masih terus berusaha untuk mendapatkan tambahan pasokan vaksin. Hingga mencapai total 430 juta dosis.

"Jumlah vaksin sebanyak itu kita upayakan untuk melakukan vaksinasi bagi lebih dari 200 juta rakyat sampai akhir tahun ini, dua dosis untuk setiap orang. Indonesia akan terus bekerja keras,melalui semua jalur memastikan keamanan pasokan vaksin bagi Indonesia," pungkasnya.

Pada Kamis (19/8), Indonesia kedatangan 450 dosis vaksin AstraZeneca donasi dari Pemerintah Belanda. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kedatangan vaksin tersebut merupakan pemberian tahap pertama dari Belanda yang memberikan dukungan 3 juta dosis vaksin.

"Malam ini kita menerima 450 dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan dose sharing dari Pemerintah Belanda. Kedatangan Astrazeneca merupakan tahap pertama dari komitmen pemerintah Belanda untuk memberikan dukungan 3 juta dosis vaksin bagi Indonesia melalui mekanisme kerja bilateral, dose sharing mechanism," kata Retno.

Retno pun mengucapkan terima kasih kepada pemerinta Belanda yang telah memberikan bantuan.Retno pun berharap bisa terjalin kerja sama lebih erat ke depannya.

"Saya ucapkan terima kasih serta kerja sama yang lebih erat kedepannya," ungkap Retno.

Tidak hanya itu, Retno juga menjelaskan pemerintah juga telah melakukan pembelian 1.560.780 dosis Vaksin Pfizer hasil beli langsung atau direct purchase yang sudah tiba sore tadi. Kemudian terdapat 567.500 dosis Vaksin AstraZeneca dan 5 juta dosis vaksin yang akan diterima Jumat(20/8) besok.

"Pemerintah akan terus meningkatkan ikhtiar untuk kebutuhan rakyat Indonesia. Mari kita dukung agar kita keluar dari pandemi ini, patuhi prokes," pungkasnya. [ray]

Baca juga:
Target 130 Ribu, Capaian Vaksinasi Anak di Tangsel Baru 20 Ribu Anak
Perbaikan Sistem untuk Cegah Kasus Suntik Vaksin Kosong
Vaksinasi Covid-19 di Penjaringan Diadakan Malam Hari
Menkes Targetkan Vaksinasi Lebih dari 200 Juta Rakyat sampai Akhir Tahun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini