Jokowi Kurban Sapi Seberat 837 Kg di Masjid Agung Solo

Senin, 19 Juli 2021 17:10 Reporter : Arie Sunaryo
Jokowi Kurban Sapi Seberat 837 Kg di Masjid Agung Solo Dampak PPKM Darurat Penjualan Hewan Kurban Menurun. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyerahkan hewan kurban berupa sapi seberat 837 kilogram di Masjid Agung Keraton Surakarta. Menurut rencana, sapi yang dibeli dari peternak di Kabupaten Boyolali akan disembelih pada hari kedua Hari Raya Iduladha, Rabu (21/7).

Kendati perayaan Iduladha akan digelar besok, namun pada Senin ( 19/7) ini Masjid Agung belum menerima hewan kurban dari mantan Wali Kota Solo itu.

"Sampai saat ini belum diantar. Pak Jokowi kurban 1 sapi disini, beratnya 837 kilogram. Mungkin diantar ke Masjid Agung pada Selasa (20/7) usai salat ied," ujar takmir Masjid Agung Solo, Muchtarom, Senin (19/7).

Sapi akan diantar usai salat ied dan panitia baru akan menyembelih hewan kurban pada Rabu (21/7) pagi. Muchtarom mengatakan, jumlah hewan kurban di Masjid Agung Solo mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Yakni hanya 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Selain karena pandemi Covid-19, ada sejumlah musala sekitar masjid yang mengelar pemotongan hewan sendiri. Sehingga jamaah yang biasa menyumbangkan hewan kurbannya di Masjid Agung kini beralih ke musala di daerah masing-masing.

"Untuk menggurangi kerumunan, penyembelihan kita lakukan secara terbatas. Hanya panitia saja yang diperbolehkan masuk ke kawasan masjid," katanya.

Selain itu panitia yang bertugas juga telah melakukan swab test untuk memastikan negatif Covid-19. Ia memperkirakan ada 20 orang yang sudah ditracking ditest dari dinas, dan hasilnya negatif.

"Pokoknya kita tetap mengikuti protokol kesehatan," tandasnya.

Sementara untuk pembagian daging akan dilakukan secara door to door, sesuai dengan data yang telah dikumpulkan oleh panitia. Panitia, dikatakannya, tidak akan membagikan daging kepada warga yang segaja datang ke masjid.

"Untuk menghindari kerumunan kita tidak membagikan daging ke orang-orang yang datang ke masjid. Kami bagi sesuai data," jelasnya.

Muchtarom menambahkan, pada Iduladha 1442 H ini, Masjid Agung Solo tidak mengelar salat secara berjamaah di masjid. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah untuk jamaah mengelar salat ied di rumah masing-masing.

Selain di Masjid Agung, Jokowi juga menyerahkan sapi kurban di Masjid Al Wustho, Mangkunegaran. Kedua masjid ini memang menjadi langganan Jokowi menyembelih hewan kurban. Di beberapa tempat lainnya hewan kurban atas nama Keluarga Jokowi juga diserahkan. Antara lain di Masjid Tegalsari serta Ponpes Al Muayyad.

"Pak Presiden Jokowi kurban dua ekor sapi di Solo. Yang satu diserahkan ke Masjid Agung dan satunya ke Masjid Al Wustho Mangkunegaran," ujar Sekda Kota Solo Ahyani, Rabu (14/7) lalu. [lia]

Baca juga:
Tradisi Berjualan Ketupat Siap Saji Jelang Lebaran
Apel Pengamanan Iduladha Selama PPKM Darurat
Penjualan Besek Bambu untuk Daging Kurban Menurun
Jokowi Kurban Sapi Seberat 837 Kg di Masjid Agung Solo
Tata Cara Sholat Idul Adha Sendiri dan Berjemaah di Rumah, Lengkap dengan Bacaan Niat
Kapolda Metro Minta Warga Tetap Terapkan Protokol Kesehatan di Hari Raya Iduladha

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini