Jokowi jadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara di Semarang, Megawati dan JK Hadir

Selasa, 5 Juli 2022 08:51 Reporter : Merdeka
Jokowi jadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara di Semarang, Megawati dan JK Hadir Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara Tahun 2022, Selasa (5/7/2022). Adapun upacara Hari Bhayangkara kali ini dipusatkan di Akademi Kepolisian (Akpol) RI Kota Semarang Jawa Tengah.

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana di Akpol Semarang pada pukul 07.20 WIB. Dia disambut oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta istri.

Jokowi dan Iriana tiba di lokasi upacara dengan menggunakan kendaraan taktis (rantis) pada pukul 08.00 WIB. Keduanya langsung menuju mimbar kehormatan dan upacara pun dimulai.

Setelah Indonesia Raya dikumandangkan, Jokowi pun melakukan prosesi pengecekan pasukan dengan rantis bersama Komandan Upacara Kombes Pol Muhammad Erwin. Dalam upacara ini, Jokowi turut memberikan tanda kehormatan kepada tiga anggota Polri.

Tampak hadir dalam upacara ini Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri hingga Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. Sejumlah pejabat Polri juga tampak hadir.

Jokowi menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 untuk Polri. Dia juga berterima kasih atas kerja keras Polri dalam melayani masyarakat serta membela bangsa dan negara.

"Saya dan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada Polri, kewenangan Polri sangat besar, organisasi Polri menembus sampai ke tingkat desa," kata Jokowi saat menyampaikan amanat.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Jokowi telah memberi ucapan selamat kepada institusi Polri yang hari ini menggenapkan usianya menjadi 76 tahun. Menurut Jokowi, Polri tidak sekadar institusi penegak hukum, melainkan juga bertanggung jawab atas hadirnya keamanan untuk masyarakat.

"Pemulihan ekonomi, penanganan kesehatan, hingga reformasi struktural, hanya dapat kita laksanakan dalam situasi yang aman dan kondusif. Untuk itulah Kepolisian Republik Indonesia hadir di tengah-tengah rakyat," kata Jokowi lewat akun Twitter pribadinya, seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

Jokowi berdoa agar Polri dapat terus menjaga Indonesia agar selalu damai dan maju tanpa kenal lelah.

"Polri hadir tanpa jeda waktu, demi Indonesia yang damai dan maju. Dirgahayu Polri," Jokowi menandaskan.

Sebagai informasi, Kepolisian Republik Indonesia memperingati HUT Bhayangkara Polri pada tanggal 1 Juli setiap tahunnya. Tahun ini Hari Bhayangkara 2022 yang jatuh pada Jumat hari ini mengangkat tema "Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh - Indonesia Tumbuh."

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham [ded]

Baca juga:
Jokowi Besok jadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun Bhayangkara di Semarang
HUT ke-76 Bhayangkara, Polisi Cilik Beraksi di Bundaran HI
HUT Bhayangkara dan Cara Istri-Istri Polisi Beri Ucapan Unik
Kapolri: Keberagaman Etnis, Suku dan Budaya Harus Kita Jaga dan Pertahankan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini