Jokowi Bahas Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi di KTT ke-23 ASEAN-RRT

Kamis, 12 November 2020 17:43 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Bahas Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi di KTT ke-23 ASEAN-RRT Presiden Joko Widodo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong peningkatan kerja sama antara ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) jelang tiga dekade kemitraan pada 2021 mendatang. Hal tersebut bertujuan untuk meraih lebih banyak kemajuan.

Mantan Wali Kota Solo tersebut juga menyampaikan tiga hal yang dapat dilakukan agar segera keluar dari pandemi. "Saya ingin sampaikan tiga hal yang dapat kita lakukan agar segera bisa keluar dari pandemi dan memulihkan ekonomi. Pertama, transformasi kerja sama ekonomi berbasis digital," kata Jokowi saat memberikan pidato pada KTT ke-23 ASEAN-RRT secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11).

Dia menilai transformasi ekonomi dari cara-cara konvensional menuju ekonomi berbasis digital merupakan hal krusial yang saat ini perlu dilakukan. Jokowi menjelaskan pandemi yang melanda di 215 negara dunia memang berdampak besar. Tetapi di tengah kondisi tersebut terdapat peluang bagi lompatan kemajuan, utamanya dalam hal pengembangan ekonomi berbasis digital.

Dengan berupaya menjawab tantangan dan peluang tersebut, Jokowi berharap persoalan ekonomi dan kesehatan dapat berjalan secara beriringan. Serta kegiatan ekonomi dapat beradaptasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jokowi yakin ASEAN mampu melakukan transformasi ekonomi tersebut melalui kerja sama digital.

Sementara itu, Jokowi juga meminta antara ASEAN dan RRT bisa segera mereaktivasi kerja sama ekonomi antara lain melalui harmonisasi kebijakan, dan memastikan rantai pasok global dengan menghapus hambatan perdagangan.

"Tahun 2020 adalah tahun kerja sama ekonomi digital ASEAN-RRT. Sebagai pemimpin global ekonomi digital dan rumah bagi sepertiga unicorn dunia, antara lain Baidu, Alibaba, dan Tencent, RRT adalah mitra strategis bagi ASEAN," ungkap Jokowi.

Baca Selanjutnya: Kerjasama Memenuhi Kebutuhan Obat Saat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini