Jelang Hari Raya Galungan, perajin penjor di Badung banjir pesanan

Selasa, 29 Mei 2018 02:30 Reporter : Moh. Kadafi
Jelang Hari Raya Galungan, perajin penjor di Badung banjir pesanan Perajin penjor di Badung. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menjelang Hari Raya Galungan yang jatuh tanggal 30 Mei 2018, umat Hindu di Bali berbondong-bondong membeli penjor atau janur yang dikreasikan untuk hiasan penjor.

Penjor merupakan sarana upacara untuk pelaksanaan hari suci Galungan. Salah satu perajin penjor, I Nyoman Dana (45) saat ditemui di Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Kelan, Kecamatan Kuta, Badung, Bali, menyampaikan untuk pesanan penjor tahun ini cukup meningkat di bandingkan tahun sebelumnya.

"Sudah tiga hari yang lalu ramai yang membeli, Kalau tahun ini cukup meningkatkan timbang tahun sebelumnya, kalau tahun lalu sedikit yang pesan," ucap pria asal Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, Senin (28/5) sore.

perajin penjor di badung

I Nyoman Dana mengaku dalam sehari, pesanan tak kurang dari 50 penjor. Pemesan berasal dari Badung sampai Nusa Dua.

Dia menjadi perajin penjor sejak delapan tahun lalu. Waktu yang dihabiskan untuk membuat satu penjor paling lama 30 menit. Untuk proses pembuatan penjor, Dana mengaku tidak kesulitan selama ada bahan untuk dirangkai di batang bambu.

"Kita tinggal rangkai saja, selama ada bahannya itu mudah, dalam sehari saya bisa buat 50 penjor dan 10 gebogan. Kalau kesulitannya, itu kadang bahannya datang terlambat, untuk bahannya kita dapatkan dari Sulawesi dan Madura, kalau di Bali daun lontar sudah agak langkah," imbuhnya.

perajin penjor di badung

Untuk kisaran harga penjor yang dibuat harganya mulai Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu, sedangkan untuk yang ingin hanya membeli hiasan gebogan saja seharga Rp 70 ribu.

"Kalau omzet iya cukuplah buat sehari-hari untuk kebutuhan keluarga. Harapan saya, semoga lancar terus penjualan penjor saya," ujarnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hindu
  3. Bali
  4. Badung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini