Jejak Teror Enius Tabuni, Anggota KKB Tewas Ditembak TNI-Polri di Puncak Papua

Kamis, 23 Maret 2023 20:31 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Jejak Teror Enius Tabuni, Anggota KKB Tewas Ditembak TNI-Polri di Puncak Papua KKB Papua Tewas dalam Kontak Senjata. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Polisi mengungkap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang tewas ditembak tim gabungan TNI dan Polri bernama Enius Tabuni atau ET (22). Polisi menyebut Enius Tabuni salah satu anggota KKB pimpinan Egianus Kogoya yang kerap mengganggu masyarakat di wilayah Puncak, Papua Tengah.

"Enius tertembak setelah anggota melakukan pengejaran terhadap KKB yang menembak tukang ojek di Ilaga, Rabu (22/3)," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Kamis (23/3).

Polisi menjelaskan kronologi baku tembak aparat gabungan dengan KKB pimpinan Egianus Kogoya. Aparat gabungan saat itu memburu KKB berjumlah sekitar 15 orang dengan membawa tiga pucuk senjata laras panjang berlari ke arah Gome.

Aparat keamanan berupaya mengejar hingga sempat terjadi kontak tembak. Saat baku tembak itu seorang KKB di antaranya meninggal.

"Jenazah Enius Tabuni setelah dibawa ke puskesmas Ilaga kemudian diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan," kata Fakhiri.

2 dari 2 halaman

Satu Anggota KKB Tewas dalam Kontak Senjata dengan Polisi di Puncak Papua

Aparat gabungan TNI-Polri kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Mundidok, Kabupaten Puncak, Rabu (22/3) kemarin. Dalam kejadian ini, satu orang KKB tewas.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, kontak tembak ini terjadi saat petugas melakukan pengejaran terhadap KKB yang diduga melakukan penembakan terhadap seorang tukang ojek di Ilaga.

"Saat melakukan pemantauan melalui observasi udara, terlihat sekitar 20 orang membawa 2 pucuk senjata api sedang melakukan penyeberangan dari Kampung Mundidok menuju ke arah Kampung Kimak," katanya dalam keterangannya, Kamis (23/3).

"Yang kemudian langsung dilakukan tindakan tegas terhadap kelompok tersebut, sehingga kontak tembak terjadi," sambung Benny.

Diketahui, satu orang KKB yang meninggal dunia akibat kontak tembak dengan petugas gabungan itu yakni berinisial ET (22).

"Kami juga menemukan 3 buah Kaliber 5.56 MM, 1 buah selongsong Amunisi Kaliber 5,56 MM, 2 buah Noken, 1 buah kunci motor jenis Yamaha dan 2 bungkus rokok jenis Anggur Kupu di TKP. Untuk korban luka maupun korban jiwa dari aparat keamanan, nihil," ungkapnya.

Saat ini, jasad ET telah dibawa menuju RSUD Kabupaten Puncak untuk dilakukan tindakan medis lanjutan.

"Mayat ET telah dibawa menuju RSUD Kabupaten Puncak untuk selanjutnya dilakukan tindakan medis," pungkasnya. [gil]

Baca juga:
Satu Anggota KKB Tewas dalam Kontak Senjata dengan Polisi di Puncak Papua
Kontak Senjata dengan TNI Polri, 1 Anggota KKB Papua Tewas Ditembak
BNPT Sebut KKB Papua Bisa Ganggu Keamanan Nasional
KKB Diduga Tembak Tukang Ojek Hingga Tewas di Ilaga Papua
Kenapa KKB Papua Selalu Serang Tukang Ojek?
Jasad Tukang Ojek Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Timika, Dimakamkan ke Sulsel

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini