Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Disengat Tawon

Jumat, 29 November 2019 06:30 Reporter : Syifa Hanifah
Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Disengat Tawon terapi sengatan lebah. ©REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

Merdeka.com - Beberapa wilayah di Indonesia, warganya dihantui dengan sengatan tawon. Bahkan sudah memakan korban meninggal dunia. Contohnya, seorang petani di Tuban tewas usai disengat ratusan tawon. Di tubuhnya ditemukan setidaknya 180 bekas sengatan lebah beracun.

Petani yang diketahui bernama Japar (61), warga Desa Kenongosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban itu sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Ada juga kasus di Garut, Jawa Barat di mana empat orang pelajar menjadi korban sengatan tawon usai mengusik sarangnya yang berada di salah satu rumah di Kecamatan Bayongbong. Satu dari empat pelajar meninggal dunia usai disengat lebah, sisanya harus mendapatkan perawatan intensif.

Tersengatnya empat pelajar oleh tawon terjadi pada Rabu (20/11) sore sekitar pukul 16.00. Lokasi kejadian sendiri di Kampung Nagela, Rt 01/02, Desa Cikedokan, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut.

Jika seseorang disengat tawon, ini langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan:

2 dari 5 halaman

Segera Cabut Bekas Sengatan

bekas sengatan rev1

Langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah menyingkirkan sengat yang ditinggalkan oleh lebah dengan menggunakan benda tajam yang keras dan tipis seperti pisau atau kartu kredit. Keluarkan sengat yang tertinggal secara perlahan. Usahakan jangan sampai memeras kantong racun.

Semakin cepat kamu menyingkirkan sengat yang ada, akan mengurangi peredaran jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh. Kamu tidak dianjurkan menjepit sengat dengan jari atau pinset, karena bisa menyebabkan racun tertekan keluar dari dalam sengat dan masuk ke dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Kompres Dengan Es Batu

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan letakkan kompres es di area yang terkena sengatan. Rasa dingin yang dihasilkan dari es batu akan membuat sengatan tidak membengkak. Untuk itu, jika Anda disengat lebah, segera tempelkan es batu pada bekas gigitan selama sepuluh menit.

Jika Anda tersengat di kaki atau tangan, angkatlah kaki atau tangan sehingga berada di posisi lebih tinggi, misalnya meletakkan kaki di atas kursi yang lebih tinggi dari kursi yang diduduki.

4 dari 5 halaman

Baking Soda

Bahan-bahan yang ada di rumah seperti baking soda juga bisa menjadi pertolongan pertama jika Anda disengat tawon. Caranya, tuang baking soda dalam cangkir kecil, tambahkan beberapa tetes air dan aduk sampai menjadi pasta.

Oleskan pasta itu pada bagian tubuh yang tersengat lebah untuk membantu menghentikan iritasi, gatal dan menghilangkan rasa sakit.

5 dari 5 halaman

Pergi ke Dokter

Jika terjadi reaksi alergi berat, maka penggunaan perban kompresi pada lengan atau tungkai yang terkena sangat disarankan karena area yang disengat tidak boleh bergerak. Longgarkan pakaian, berikan selimut pada orang yang disengat, dan sebaiknya jangan diberikan minuman terlebih dahulu.

Bila terjadi kondisi parah lainnya, segera periksa ke dokter. Hal ini harus dilakukan karena pertolongan pertama saat disengat lebah hanya bisa membantu sesaat saja. Dengan langsung memeriksakan diri ke dokter, maka akan mengurangi risiko kondisi yang semakin parah. [dan]

Baca juga:
Atasi Teror Tawon, Ganjar akan Terjunkan Tim BPBD
Petani di Tuban Tewas Diserbu Ratusan Lebah, di Tubuhnya ada 180 Sengatan
Sengatan Tawon Ndas Hantui Warga Klaten, 10 Korban Meninggal Sejak 2017
Sarang Tawon Maut di Garut Dievakuasi, Warga Diingatkan Tak Ganggu Jika Menemukan
Cerita Korban Selamat Sengatan Tawon yang Tewaskan 1 Orang di Garut

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tawon Langka
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini