Jemaah An-Nadzir Gowa rayakan lebaran Haji hari ini

Senin, 14 Oktober 2013 09:15 Reporter : Andi Angelina
Jemaah An-Nadzir Gowa rayakan lebaran Haji hari ini salat idul adha di belahan dunia. REUTERS

Merdeka.com - Jemaah An-Nadzir Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan telah melakukan salat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1434 hari ini di desa Mawang kecamatan Bontomarannu. Ratusan jemaah melakukan ibadah dengan khidmat di sebuah lapangan yang mereka gunakan setiap tahunnya. Ustad Rangka, bertindak sebagai imam dan khatib pada kesempatan itu.

Meski pemerintah menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh pada 15 Oktober 2013 besok, namun mereka telah menentukan penanggalan tersendiri berdasarkan pengamatan dan tanda-tanda yang diberikan alam.

Menurut Ustad Lukman, juru bicara jemaah An-Nadzir, mereka memilih salat Ied lebih awal dari yang telah ditetapkan pemerintah, karena hari ini telah masuk 10 Dzulhijjah 1434 H. Alasannya, berdasarkan pemantauan perjalanan bulan dan tanda-tanda alam telah terjadi air pasang di laut.

Sehingga mereka telah menunaikan salat Idul qurban lebih awal dari jemaah haji yang baru akan melakukan wukuf di Padang Arafah besok.

Usai melaksanakan salat Ied mereka mendengarkan khutbah dan diakhiri dengan saling bersalaman. Untuk tahun ini, jemaah yang identik dengan rambut pirang dan jubah hitam ini menyembelih dua ekor sapi sebagai hewan qurban.

[hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Idul Adha
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini