Jadi Pengacara Ferdy Sambo, Rasamala: Ini Keputusan Independen

Rabu, 28 September 2022 22:50 Reporter : Lydia Fransisca
Jadi Pengacara Ferdy Sambo, Rasamala: Ini Keputusan Independen Rasamala Aritonang. ©2021 Liputan6.com/Fachrur Rozie

Merdeka.com - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rasamala Aritonang didaulat menjadi pengacara Ferdy Sambo. Dia merupakan mantan kolega Novel Baswedan di lembaga antirasuah KPK.

Rasamala mengatakan, pilihannya menjadi pengacara Ferdy Sambo adalah keputusan yang independen dan tidak didorong pihak manapun.

"Jadi, memang ini keputusan independen dan tidak ada kaitannya dengan ada dorongan pihak lain atau pihak ketiga atau pihak manapun. Jadi, prinsipnya ini keputusan independen dalam konteks profesi kami sebagai seorang advokat," kata Nirmala ketika konferensi pers di Hotel Erian, Jakarta Pusat, Rabu (28/9).

Rasamala juga menambahkan, ia telah menilai bahwa pihaknya mampu melakukan pembelaan dalam kasus ini.

"Lawyer, advokat, itu kan memang independen. Artinya, dia memutuskan sendiri, memilih sendiri. Nah, kami kan memang memberikan bantuan kepada mereka yang memang membutuhkan. Tentu setelah kami menilai juga bahwa apakah kasus ini misalnya ada peluang untuk melakukan pembelaan atau tidak," kata Rasamala.

2 dari 2 halaman

Lebih lanjut, ia mengatakan, keputusan untuk menjadi kuasa hukum Ferdy Sambo bukan lah hal yang sederhana. Sebab, ia perlu mengkonfirmasi dan berdiskusi dengan banyak pihak.

"Makanya, untuk memutuskan ini juga bukan hal yang sederhana karena kami harus melakukan, mengecek dulu, mengkonfirmasi langsung kepada Ibu Putri, kepada Pak Sambo. Kemudian, berdiskusi banyak dengan tim juga melihat bukti-bukti yang sudah, gitu. Baru kemudian bisa mengambil keputusan," jelasnya.

Ia berharap, bisa mengawal kasus ini sesuai dengan porsi profesinya. "Nah mudah-mudahan kita bisa kawal semua. Jadi apa yang kami lakukan itu bisa berjalan sesuai dengan profesi kami, jaksa juga diawasi, hakim nanti memutus juga diawasi semua oleh kita gitu. Jadi semua bisa berjalan dengan fair, gitu," kata Rasamala.

Baca juga:
Dianggap Dibayar Mahal Sambo-Putri Buat Jadi Pengacara, Ini Respons Febri Diansyah
Kubu Brigadir J Sentil Putri Dibela Eks Pegawai KPK: Mudah-mudahan Bisa Berkata Jujur
Kubu Putri Candrawathi akan Kembali Ajukan Penangguhan Penahanan
Cerita Febri Diansyah Berguru dengan 5 Ahli Hukum Bela Putri Candrawathi di Sidang
Jadi Pengacara Putri Candrawathi, Febri Diansyah: Ini Pilihan Profesional

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini