Inilah Harga Jet Tempur TNI Buat Jaga Pertahanan, Capai Ratusan Miliar

Senin, 8 April 2019 06:32 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Inilah Harga Jet Tempur TNI Buat Jaga Pertahanan, Capai Ratusan Miliar Pesawat F16 TNI AU. ©handout/dispenau

Merdeka.com - TNI Angkatan Udara memiliki memiliki banyak pesawat tempur untuk menjaga pertahanan wilayah Indonesia. Alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki TNI ini modern dan canggih.

TNI AU mempunyai beberapa jenis jet tempur yang dibeli dengan harga cukup tinggi. Ada produk Rusia dan Amerika Serikat. Berapa harganya? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Harga Sukhoi Su-30

TNI telah memiliki pesawat tempur Sukhoi Su-30. Pesawat ini merupakan pesawat tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi Rusia pada tahun 1996. Mengutip dari berbagai sumber, pesawat tempur ini multifungsi, di mana bisa dipakai sebagai pesawat serang darat.

Selain itu, Sukhoi Su-30 bisa disandingkan dengan F/A-18E/F Super Hornet dan F-15E Strike Eagle dari Amerika Serikat. Harga dari pesawat ini mencapai USD 33-45 juta per unit atau sekitar Rp 466 miliar (kurs saat ini).

2 dari 4 halaman

Sukhoi Su-27

Selain Sukhoi Su-30, TNI AU juga punya Sukhoi Su-27. Sukhoi SU-27 merupakan pesawat tempur yang awalnya diproduksi Uni Soviet, dan dirancang oleh Biro Desain Sukhoi. Pesawat ini memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi.

Soal harga tak jauh beda dengan Sukhoi Su-27 yaitu berada di kisaran USD 30 juta atau sekitar Rp 424 miliar (kurs saat ini).

3 dari 4 halaman

Harga Jet Tempur F16

Jet tempur lain milik TNI AU ialah F-16 Fighting Falcon. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara namun akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer.

Kemampuan F-16 dapat dipakai untuk segala macam misi. Inilah yang membuatnya sangat sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat. Dari harganya, F16 mencapai USD 18,8 juta pada tahun 1998 atau sekitar Rp 266 miliar (kurs saat ini).

4 dari 4 halaman

T-50 Golden Eagle

T-50 Golden Eagle adalah pesawat latih (trainer) supersonik buatan Amerika Serikat (AS)-Korea. Dikembangkan oleh Korean Aerospace Industries dengan bantuan Lockheed Martin, produsen pesawat yang hampir 80 persen pelanggannya Departemen Pertahanan AS.

Dari segi harga, pesawat ini cukup mahal. Di mana harga per unit sekitar USD 22 juta atau Rp 311 miliar (kurs saat ini). [has]

Baca juga:
Mengintip Kekuatan TNI Saat Ini, Tak Bisa Diremehkan Dunia
Menengok Roket MLRS Astros TNI AD, Sekali Tembak Wilayah 1 Hektar Hancur
Mengungkap Cerita Pembelian SU-35 untuk TNI AU, Sampai Indonesia Ditekan AS
Deretan Jet Tempur TNI Buat Usir Pesawat Asing di Langit Indonesia
Kapal Selam Karya Anak Bangsa Siap Diluncurkan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini