Ini Tips Agar Rumah Tak Jadi Sarang Ular

Kamis, 10 Oktober 2019 05:45 Reporter : Syifa Hanifah
Ini Tips Agar Rumah Tak Jadi Sarang Ular Ular. ©Middle East Eye

Merdeka.com - Apa jadinya jika rumah yang kita tinggali menjadi sarang ular? Ini yang terjadi di rumah milik Endik yang terletak di Perumahan Bumi Karadenan, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Di rumah Endik ditemukan 20 butir telur ular kobra oleh petugas Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor.

"Tapi kita temukan gumpalan telur ular di lantai yang sudah dibongkar, terkubur dalam tanah, karena rumah itu kosong sedang direnovasi," kata Karu Rescue 1 Dinas Pemadam Kebakaran, Kabupaten Bogor, Arman.

Ada beberapa tips agar ular tidak masuk rumah dan rumah terbebas tak menjadi sarang ular. Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Jaga Rumah Agar Tetap Wangi

Salah satu cara yang paling sederhana mencegah ular masuk ke dalam rumah yakni dengan menjaga rumah tetap wangi, terutama di sudut-sudut rumah. Yang paling praktis adalah kapur barus yang mengeluarkan aroma wangi.

Seperti diketahui, ular sangat takut dengan aroma yang menyengat. Hal ini dikarenakan lidahnya yang juga berfungsi sebagai indera penciuman merupakan sensor bagi ular untuk mengetahui kondisi sekitar.

2 dari 4 halaman

Tutup Saluran Air

Ternyata ular sangat nyaman bersarang di gorong-gorong pipa pembuangan. Sehingga tidak ada salahnya untuk menutup saluran air dengan menggunakan penutup saringan. Tujuannya, agar ular tidak bisa menerobos masuk ke dalam rumah.

Selain itu, jika di pekarangan rumah terdapat pohon berukuran besar dan berdaun lebat, pastikan dahan dan ranting tidak menyentuh atap rumah yang bisa jadi jalan bagi ular untuk masuk ke dalam rumah.

3 dari 4 halaman

Awasi Tempat yang Lembab

Seperti diketahui ular sangat menyukai tempat yang lembab. Terutama di pojokan taman rumah, merupakan tempat yang biasanya terdapat tumpukan batuan yang sangat disukai ular karena dianggap lembab tapi kering, sehingga penting bagi Anda untuk memantaunya setiap hari.

Untuk menghindari celah-celah bagian taman di rumah yang lembap, setelah menyapu sebaiknya jangan biarkan sisa dedaunan di pojokan, karena akan lembab serta kering sehingga ular sangat menyukai tempat tersebut.

4 dari 4 halaman

Jangan Taburkan Garam

Selama ini masyarakat Indonesia percaya jika garam dapat mengusir ular. Namun, ternyata hal itu salah besar. Seperti yang diungkap oleh pecinta hewan Muhamad Panji atau yang lebih dikenal dengan Panji Petualang mengungkapkan tips mengusir ular menggunakan garam adalah mitos yang tidak benar.

"Saya pernah mencoba melakukan eksperimen dengan menaburkan garam pada lintasan ular, nyatanya ular bisa melintas dan biasa saja dengan santainya," kata Panji dilansir Antara.

Selain menaburi garam pada area lintasan ular, Panji mencoba eksperimen lain dengan memasukan seekor ular jenis cobra ke dalam karung yang diisi dengan garam.

"Ularnya saya masukan dalam karung berisi garam, dan dia hidup seperti biasa, tidak ada gejala mabok atau sakit. Dia justru santai di dalam karung," ujarnya.

Jadi menaburkan garam untuk mengusir ular adalah mitos. [dan]

Baca juga:
Ditemukan 20 Butir Telur, Rumah di Cibinong Jadi Sarang Ular Kobra
Deretan Hewan Buas yang Menderita Akibat Kebakaran Hutan di Indonesia
Begini Kondisi Ular 'Berkaki' yang Terbakar di Hutan Riau
Ular Berkaki Mirip Naga Ditemukan Mati Terbakar di Lahan Indragiri Hulu
Nasib Tragis Para Hewan Akibat Kebakaran Hutan Ulah Manusia
Hati-Hati, Inilah Bahayanya Ular Weling dan Cara Menangani

Topik berita Terkait:
  1. Dunia Ular
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini