Ini Rangkaian Acara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka

Rabu, 17 Agustus 2022 16:29 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ini Rangkaian Acara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka. ©2021 Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia akan memasuki agenda upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta. Usai dinaikkan pada pagi hari tadi, Sang Saka Merah Putih akan diturunkan dan dikembalikan ke tempatnya oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Berdasarkan jadwal yang diterima Rabu (17/8), terompet pertama tanda dimulainya acara upacara tersebut berlangsung pada 16.50 WIB. Kemudian, pasukan upacara akan memasuki lapangan upacara, disusul oleh Komandan Upacara memasuki tempat upacara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Iriana dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Wury memasuki tempat upacara pada pukul 17.14 WIB. Selanjutnya, Perwira Upacara akan melaporkan kepada Presiden Jokowi sebagai komandan tentang giat upacara penurunan bendera.

Saat Presiden Jokowi sudah memberi perintah untuk dilaksanakan, maka upacara penurunan bendera akan dimulai.

2 dari 2 halaman

Nantinya, tepat pada 17.20 WIB, Paskibraka akan melakukan persiapan penurunan bendera negara sang Merah Putih. Mereka akan masuk ke lapangan upacara pada pukul 17.21 WIB.

Sebagai informasi, penurunan bendera Merah Putih ini akan diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan penghormatan yang dipimpin oleh Komandan Upacara.

Pada 17.37 WIB, pembawa bendera akan menyerahkan Bendera Negara Sang Merah Putih kepada Inspektur Upacara. Lalu, pada 17.40 WIB Komandan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka akan melapor kepada Inspektur Upacara kalau bendera sudah diturunkan.

Nantinya, Paskibraka akan kembali ke tempat semula diiringi laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa upacara telah selesai dan bisa dibubarkan. Namun sebelum itu, pada pukul 17.47 WIB, akan ada penghormatan kebesaran yang dilakukan sebagai penutup.

Pada 17.50 WIB, Presiden Jokowi beserta Iriana dan Ma'ruf Amin yang didampingi Wury diperkenankan meninggalkan lokasi upacara.

Sebagai informasi, akan ada arak-arakan yang dilakukan untuk pemindahan kembali Bendera Negara Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Istana Merdeka menuju Monumen Nasional. Seluruh rangkaian acara ini diperkirakan selesai pada pukul 18.15 WIB.

Reporter: Radityo/Liputan6.com.  [tin]

Baca juga:
Semangat Santri Tunanetra Ikut Lomba 17 Agustus
Nasib Janda Veteran di Makassar, Rumah Pernah Digusur
HUT 77 RI, Ridwan Kamil Ingatkan Jangan Ada Polarisasi Politik Identitas dan Agama
Cuma Gayus Tambunan Koruptor di Lapas Gunung Sindur yang Dapat Remisi
Dijahit 1.529 Pelajar, Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Palembang
Puluhan Narapidana di Bali Hirup Udara Bebas saat 17 Agustus
Saat Mahasiswa Luar Negeri Ikut Lomba Agustusan di Malang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini