Ini 'Peluru' yang Jadi Andalan Kebangkitan Ekonomi Jateng saat Pandemi Covid-19

Selasa, 18 Januari 2022 20:29 Reporter : Dedi Rahmadi
Ini 'Peluru' yang Jadi Andalan Kebangkitan Ekonomi Jateng saat Pandemi Covid-19 Resmikan Pasar Johar Semarang, Jokowi Minta Cagar Budaya Dijaga. ©2022 Merdeka.com/Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Jawa Tengah meraih penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada kategori Provinsi Terbaik Penyedia Kredit Kerakyatan 2021.

Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Ruang Graha Sawala, Gedung Ali Wardhana, Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (18/1). Seperti dilansir Antara.

Jateng mendapat nilai terbaik karena mempunyai berbagai program kredit usaha rakyat dan Gubernur Ganjar menggandeng berbagai pihak dari BUMD hingga swasta dalam upaya membangkitkan perekonomian pascapandemi COVID-19.

"Saya menyampaikan terima kasih dari Kemenko Bidang Perekonomian sudah memberikan kepercayaan dan penghargaan kepada Jawa Tengah sebagai pengelola KUR terbaik, di belakangnya banyak cerita sebenarnya," kata Ganjar yang ditemui usai penyerahan penghargaan.

Menurut Ganjar, penghargaan ini tidak lepas dari peran banyak pihak yang sudah menyalurkan dan memanfaatkan KUR, termasuk bimbingan dari pemerintah.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada kawan-kawan yang 'trigernya' bagus. Setelah dihajar COVID-19, sebenarnya KUR ini menjadi satu peluru yang menjadi energi besar untuk kebangkitan ekonomi," ujarnya.

Orang nomor satu di Jateng itu juga menyampaikan apresiasinya pada para pelaku usaha yang berkeinginan kuat untuk bangkit pascapandemi dan memanfaatkan fasilitas KUR.

"Banyak peran yang ditorehkan oleh kawan-kawan di sana sehingga Jawa Tengah bisa menjadi yang terbaik, terima kasih kawan-kawan sangat antusias memanfaatkan KUR ini," katanya.

Salah satu Program KUR yang dilakukan Ganjar di masa pandemi COVID-19 adalah menggandeng Bank Jateng meluncurkan Kredit Lapak yang dapat digunakan oleh pedagang pasar, pelaku industri kecil rumahan.

"Maka kalau kemudian kita bicara pascapandemi bagaimana 'recovery' bisa bangkit, pakailah KUR ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa untuk mendorong usaha bangkit lagi dan perintah Bapak Presiden, manfaatkan," ujarnya.

Selain penghargaan tingkat provinsi, dua daerah di Jawa Tengah juga masuk dalam tiga terbaik penghargaan KUR 2021 yakni Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Pemerintah Kabupaten Blora. [ded]

Baca juga:
Ganjar sebut Baznas Berperan Penting dalam Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Jateng
UMKM harus Maksimalkan Ranah Digital untuk Pasarkan Produk di Masa Pandemi
Ganjar Tinjau Mata Air Buatan untuk Atasi Kekeringan Warga di Desa Sugihmas
Mampir ke Rumah Kader PDIP, Ganjar Tawarkan Bantuan Perbaiki Rumah Sudah Tak Laik
Giliran Rumah Kader PDIP Magelang Diperbaiki Ganjar
Ganjar Pranowo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini