Ini Jalan yang Dilintasi Presiden Jokowi Hingga Terjebak Macet 30 Menit

Sabtu, 30 November 2019 16:28 Reporter : Merdeka
Ini Jalan yang Dilintasi Presiden Jokowi Hingga Terjebak Macet 30 Menit Lokasi Jalan Yang Buat Jokowi Kena Macet. ©2019 Liputan6.com/nandaperdanaputra

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat terjebak macet saat akan menghadiri acara pertemuan tahunan Bank Indonesia di Lotte Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan. Iring-iringan rombongan Jokowi terjebak selama 30 menit.

Liputan6.com coba memantau ruas jalan tempat Jokowi terjebak macet. Pantauan di lokasi, Sabtu (30/1), titik kemacetan itu berada di Jalan Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. Persis di bawah putaran fly over Gedung World Trade Centre (WTC).

Ruas jalan memang terbilang sempit. Hanya terdapat satu jalur yang bisa dilalui satu mobil saja. Tidak sebanding dengan kendaraan mengarah ke Kota Kasablanka, yang menumpuk di kolong fly over.

Penumpukan terjadi karena kendaraan yang mencoba berputar arah dekat Gedung WTC, maupun yang berbelok dari Jalan Jendral Sudirman, bertemu di satu titik yakni di bawah kolong fly over.

Kondisi lalu lintas kian parah karena pembangunan trotoar di sekitar lokasi belum selesai. Masih banyak lubang saluran air yang belum tertutup.

Seperti yang terlihat di lokasi saat ini, volume kendaraan memadati bawah fly over. Akhirnya, mobil atau motor yang menuju arah tersebut melaju lambat dan berbuntut merayap ke belakang.

1 dari 1 halaman

Kemacetan Jakarta jadi Alasan Ibu Kota Dipindah

Setibanya di lokasi acara, di awal pidatonya Jokowi mengeluhkan akses menuju lokasi sangat macet.

"Tadi ke sini macet, 30 menit berhenti," kata dia di lokasi, Kamis (28/11).

Seperti diketahui, kawasan Kuningan tersebut terkenal dengan lalu lintasnya yang selalu macet dan dipadati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Jokowi pun mengaitkan hal tersebut dengan keputusan untuk memindahkan Ibu Kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Itulah kenapa ibu kota di pindah," ujarnya disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Namun Jokowi juga menegaskan, kemacetan bukan hal utama yang menjadi alasan pemindahan ibu kota tersebut. "Dan karena alasan yang banyak lainnya," ujarnya. [lia]

Baca juga:
Jokowi Terjebak Macet di Kuningan, Kapolda Sebut Sudah Sebar Anggota Atur Lalu Lintas
Jokowi Curhat Kena Macet di Kuningan, Ini Kata Anies Baswedan
Masih Dibahas di 2020, Pendapatan Pajak ERP Belum Bisa Diprediksi
Jokowi Keluhkan Kemacetan Kuningan: Ke Sini Macet, 30 Menit Berhenti
Urai Kemacetan di Jalan Raya Pasar Minggu, DKI Bangun Jalur Inspeksi
Ini Strategi DKI Urai Kemacetan & Persulit Kendaraan Pribadi Melintas di Jakarta

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini