Indahnya Bandung kini, lampu warna-warni hiasi Jembatan Pasupati

Minggu, 26 Januari 2014 09:15 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Jembatan Pasupati. ©2014 merdeka.com/sayandri

Merdeka.com - Gedung Sate dan Jembatan Layang Pasupati, Bandung kini terlihat lebih cantik. Lampu sorot jenis LED dengan beragam warna membuat tempat ini semakin enak dilihat terutama malam hari. Tak sedikit orang terkagum-kagum melihat perubahan pada dua icon Bandung ini.

Secara bergantian, lampu sorot dengan beragam warna seolah memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya. Biru, kuning, hijau, dan ungu, warna-warna ini secara bergiliran terus menerangi Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Alhasil, Gedung Sate pun kian menjadi magnet bagi yang melihatnya.

Begitu juga dengan Jembatan Pasupati. Jaraknya yang hanya sekitar dua kilometer dari Gedung Sate kini tak lagi gelap. Lampu yang menyorot tiang pancang dari beberapa titik di bawahnya menjadikan jembatan ini terlihat indah.

Klik! Bidikan dari kamera ponsel milik Dion (18) pun mengabadikan tiang pancang Pasupati. Mulanya ia tak tahu jembatan sepanjang 2,8 kilometer ini tampil lebih menarik dari sebelumnya. Maka itu, saat berjalan-jalan dengan sepeda motornya, dia tak ingin ketinggalan momen untuk mengambil gambar.

"Saya enggak tahu loh, kok orang-orang banyak yang melihat ke atas, pas saya lihat wah ini keren banget," terang Dion warga Gunung Batu Bandung, kepada merdeka.com, beberapa waktu lalu.

Dia berharap konsep ini jadi awal mula pemerintah kota untuk menjadikan Bandung yang lebih terang. Sebab minimnya penerangan di Bandung, membuatnya khawatir jika harus pulang malam.

"Saya tuh suka bingung kalau pelan takut ada jambret, tapi kalau ngebut saya juga takut karena penerangan minim, nah sekarang Bandung harus terang," harapnya.

Bandung Kota Caang Baranang -Terang Benderang- memang satu perubahan yang dijanjikan Ridwan Kamil sebagai wali kota Bandung. Semua penerangan di Kota Kembang ini akan diganti dengan konsep LED. Rencananya ada 21 ribu tiang yang akan diperbaharui dengan metode smart lighting. Penerapannya pun cukup modern, karena bisa dikontrol melalui komputer atau handphone.

Ridwan Kamil menambahkan, gedung yang selama ini jadi ikon Bandung akan diterangi dengan konsep LED penuh warna, seperti di Gedung Merdeka.

"Ini bagian dari komitmen, Caang Baranang. Sudah saya sampaikan objek yang keren akan kita nyalakan dengan lampu, sekarang Gedung Sate dan Pasupati. Karena pakai LED ini akan lebih hemat 50 persen," tutur pria yang akrab disapa Emil ini. Baca juga:
Bandung deklarasikan anti-Miras di Car Free Day Dago
Komunitas Aleut, mengenalkan Bandung lewat jelajah jalan kaki
Mampukah Ridwan Kamil kalahkan banjir Bandung?
Babakan Siliwangi, Hutan Kota Bandung nyaris jadi restoran

Topik berita Terkait:
  1. Bandung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini