Hilang 9 Tahun di Suriah, TKW Sukabumi Akhirnya Pulang Kampung

Senin, 23 September 2019 03:04 Reporter : Merdeka
Hilang 9 Tahun di Suriah, TKW Sukabumi Akhirnya Pulang Kampung ilustrasi tki. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Dewi Puspita, Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang hilang selama 9 tahun di Suriah akhirnya ditemukan. Kini dia sudah kembali ke kampung halamannya di Kampung Cijambe, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (22/9).

"Alhamdulillah Dewi Puspita tiba di rumahnya dalam keadaan selamat. Warga Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat ini pulang ke kampung halamannya setelah dijemput tim Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Sukabumi bersama keluarganya ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta," kata Tim Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) SBMI Riyadh Arab Saudi, Agus Gia, dikutip dari Antara.

Dewi dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Tapi saat ini membutuhkan istirahat setelah menempuh perjalanan panjang. Perjalanan pulangnya dimulai dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus, ke Suriah, kemudian KBRI Libanon, lalu ke Indonesia melalui Abu Dhabi. Hingga akhirnya tiba di Sukabumi.

"Informasi dari Tim SBMI Sukabumi, Dewi dalam keadaan sehat dan saat ini sedang beristirahat setelah hampir satu hari melakukan perjalanan pulang ke Sukabumi," tambahnya.

Sebelumnya, keluarga Dewi melapor pada SBMI Riyadh pada 15 Juli 2010. Akhirnya, SBMI Riyadh bersurat pada Bupati Sukabumi, Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Damaskus, dan instansi lainnya.

KBRI Damaskus menemukan Dewi pada Agustus 2019. Akhirnya awal September, SBMI Riyadh diberi kabar bahwa Dewi sudah ditemukan dan dibawa ke shelter KBRI Damaskus. Tidak butuh waktu lama untuk memulangkan Dewi sejak dirinya ditemukan.

Reporter magang: Ahdania Kirana [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Nestapa TKI
  2. TKI
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini