Hamdan Zoelva sindir DPR yang tetap uji Komjen Budi Gunawan

Rabu, 14 Januari 2015 12:50 Reporter : Ahmad Baiquni
Hamdan Zoelva sindir DPR yang tetap uji Komjen Budi Gunawan Hamdan Zoelva. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mempertanyakan langkah fit and proper test calon Kapolri yang tetap dijalankan Komisi III DPR untuk Budi Gunawan. Dia menilai integritas Budi sebagai pejabat sudah meragukan.

"Kalau saya, apa lagi yang mau di-fit and proper test," ujar Hamdan di gedung MK, Jakarta, Rabu (14/1) usai menghadiri pengucapan sumpah Ketua MK Arief Hidayat dan Wakil Ketua MK Anwar Usman.

Hamdan menegaskan, posisi pejabat negara butuh legitimasi dari publik. Dengan ditetapkannya Budi sebagai tersangka oleh KPK, maka sudah seharusnya fit and proper test tersebut tidak dilaksanakan.

"Legitimasi publik itu menjadi sangat penting dalam jabatan-jabatan penting seperti Kapolri," ungkap dia.

Hamdan menilai, sudah selayaknya presiden menarik pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri. Dia meminta agar baik presiden maupun DPR untuk menyerahkan proses selanjutnya kepada KPK.

"Lalu kalau sudah jelas-jelas ketika seseorang dalam keadaan tersangka, ada posisi yang benar-benar sangat mempengaruhi integritas. Apapun faktor politik yang melatarbelakangi, tapi faktanya seperti itu," ungkap dia. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini