Gugatan sedikit, Dewan Hakim klaim PON XIX Jabar berjalan sukses

Rabu, 28 September 2016 03:31 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Gugatan sedikit, Dewan Hakim klaim PON XIX Jabar berjalan sukses Stadion Gelora Bandung Lautan Api. ©2016 merdeka.com/andrian salam wiyono

Merdeka.com - Jumlah sengketa yang diajukan ke Dewan Hakim pada PON XIX/2016 Jawa Barat dibilang menurun dibandingkan PON Riau 2012 lalu. Parameter itu kemudian dijadikan penilaian bahwa Provinsi Jawa Barat selaku tuan rumah cukup sukses menyelenggarakan event olahraga nasional tersebut.

Ketua Dewan Hakim PB PON/XIX, M Riyanto mengatakan, sejauh ini gugatan sengketa yang masuk sebanyak 9 kasus. Adapun gugatan pada PON Riau lalu mencapai 21 kasus.

"Dengan parameter itu semakin kecil, gugatan artinya PON berjalan baik," kata Riyanto dalam jumpa pers di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto Bandung, Selasa (27/9).

Kesembilan kasus yang masuk ke tingkat banding Dewan Hakim PB PON itu berasal dari cabang olagraga Gantole, Karate (2 kasus), Wushu, Hoki, Judo, Renang Indah (namun dicabut kembali), dan terbang layang (2 kasus).

Dia menambahkan, berdasarkan ketentuannya, gugatan sebelumnya disampaikan pada dewan hakim tingkat cabang olahraga. Jika gugatan atau sengketa ini tidak memberikan keputusan yang bisa diterima, penggugat bisa mengajukan banding kepada Dewan Hakim PB PON.

"Menurunnya jumlah sengketa atau gugatan yang disampaikan kepada Dewan Hakim, itu menunjukkan semakin dewasanya dan semakin profesionalnya pelaku olahraga dalam PON XIX. Jangan khawatir pula, kita pun akan bekerja secara profesional," ujarnya.

Dia melanjutkan, pihaknya mengimbau untuk tidak khawatir dengan kinerja Dewan Hakim, karena lembaga hakim ini akan bekerja secara profesional.

Rianto juga menambahkan, putusan Dewan Hakim bersifat final dan tak bisa dilakukan banding kembali. Dalam prosesnya, sebelum dilakukan persidangan, katanya, dilakukan proses mediasi. Kalau proses mediasi tidak terjadi keputusan yang diterima kedua pihak, maka dilakukan proses persidangan selanjutnya. [sho]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini