Gelar Aksi, Warga Tangerang Bela Wali Kota yang Berseteru dengan Menkum HAM

Kamis, 18 Juli 2019 13:26 Reporter : Kirom
Gelar Aksi, Warga Tangerang Bela Wali Kota yang Berseteru dengan Menkum HAM Aksi mendukung Wali Kota Tangerang di MUI. ©2019 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Ratusan masyarakat Kota Tangerang mendatangi gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, yang berada di kawasan kantor pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (18/7).

Masa yang merupakan warga Kota Tangerang ini datang untuk menggelar aksi dukungannya terhadap Wali Kota Arief R Wismansyah, terkait perselisihannya dengan Kementerian Hukum dan Ham.

Koordinator Aliansi Masyarakat Kota Tangerang, Yudhistira Prasasta mengungkapkan, aksi dukungan terhadap sang Wali Kota tersebut, berdasarkan kebijakan dan langkah-langkah yang diambil Wali Kota Tangerang dalam menangani konflik antar lembaga negara. Terlebih, saat ini Arief juga dilaporkan ke Polri.

"Kami sangat percaya kinerja Wali Kota kami, beliau terpilih kembali untuk periodenya yang kedua. Segala langkah dan kebijakan yang beliau ambil adalah berdasarkan kajian hukum, sosial dan semata-mata atas kepentingan masyarakat Kota Tangerang," kata Yudhistira, dalam orasinya di halaman Gedung MUI Kota Tangerang, Kamis (18/7).

Ratusan pendukung dan simpatisan Arief yang tergabung dalam 'Aliansi Masyarakat Kota Tangerang, ini juga menyesalkan Kemenkum HAM sebagai lembaga negara yang memiliki permasalahan dengan pemerintah daerah dengan melaporkannya ke penegak hukum.

Karena ditengarai, persoalan menjadi berlarut-larut dan merugikan banyak pihak.

"Kami meminta kepada Presiden Jokowi untuk dapat menengahi persoalan ini. Segera temukan solusi dan titik temu yang dapat menyelesaikan permasalahan ini," terang Yudhistira.

Menurutnya, Kemenkum HAM harus melihat dengan jernih dan menyadari persoalan kedaerahan yang ada di Kota Tangerang, dengan kacamata lokal, bukan ditarik ke ranah wilayah nasional.

"Karena mereka tidak melihat aspek kearifan lokal yang ada. Harusnya ini bisa diselesaikan dengan baik, tidak gadung," ujar Yudhistira. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini