Fakta-Fakta Koopssus TNI, Gabungan Pasukan Elite dari Tiga Matra

Selasa, 23 Juli 2019 05:30 Reporter : Syifa Hanifah
Fakta-Fakta Koopssus TNI, Gabungan Pasukan Elite dari Tiga Matra Aksi prajurit TNI di HUT ke 72. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Presiden Jokowi resmi membentuk Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI. Koopssus ini berasal dari tiga matraTNIyakni darat, laut, dan udara.

Pembentukan Koopssus itu setelah Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Berikut ini informasi tentang Koopssus TNI:

2 dari 4 halaman

Bertugas Menyelenggarakan Operasi Khusus

operasi khusus rev1

Berdasarkan Perpres Nomor 42 Tahun 2019, Koopssus TNI bertugas menyelenggarakan operasi khusus dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan operasi khusus. Tim ini membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi.

Kegunaan dibentuknya Koopssus adalah untuk menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal itu dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

3 dari 4 halaman

Dipimpin Dankoopssus

rev1

Sementara itu, Koopssus TNI dipimpin oleh Komandan Koopssus TNI disebut Dankoopssus. Sang komandan akan bertanggung jawab langsung kepada Panglima TNI.

"Koopssus TNI dipimpin oleh Komandan Koopssus TNI disebut Dankoopssus TNI yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Kasum TNI," demikian bunyi Pasal 46b ayat (2) dalam Perpres Nomor 42 Tahun 2019 seperti dikutip dari situs seskab.go.id.

4 dari 4 halaman

Dijabat oleh Pati Bintang 2

pati bintang 2 rev3

Sementara pada Pasal 46b ayat (3) disebutkan, Dankoopssus TNI dibantu oleh Wakil Komandan Koopssus TNI disebut Wadankoopssus TNI. Dankoopssus TNI dijabat oleh perwira tinggi (Pati) bintang 2, sementara Wadankoopssus TNI dijabat oleh Pati bintang 1.

Nantinya, Markas Koopssus bersifat permanen. Sementara personelnya berasal dari pasukan elite dari tiga matra seperti dari Kopassus, Paskhas, Kopaska. Soal lamanya personel yang bertugas di Koopssus, masih dalam kajian. [has]

Baca juga:
Jokowi Bentuk Komando Operasi Khusus Gabungan 3 Matra TNI
Pembunuhan di Papua, Politisi PKS Desak Jokowi Keluarkan Perpres Pelibatan TNI
Anggaran Rp 1,5 Triliun untuk Koopsus TNI tunggu Keppres
Panglima ajukan Rp 1,5 T ke DPR untuk Komando Operasi Khusus TNI
Komnas HAM minta perpres pelibatan TNI dalam pemberantasan teroris transparan
Tanpa UU Perbantuan, perpres pelibatan TNI berantas teroris bisa langgar konstitusi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini