Cerita sedih Rasyid, pria lansia hidup terlunta setelah 'dibuang' anak

Rabu, 15 November 2017 04:03 Reporter : Irwanto
Kakek Rasyid. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Malang nian nasib Rasyid (60). Pria paruh baya itu ditelantarkan anak kandungnya sendiri. Setelah hidup di jalan tanpa arah, dia diselamatkan pegawai Pemkot Palembang dan dipulangkan ke rumahnya.

Cerita sedih Rasyid sempat viral di Facebook Yenny Sun, setelah fotonya diunggah. Setelah kabar tersebut ramai diperbincangkan, Kepala Dinas Sosial Kota Palembang, Heri Aprian, langsung mencari keberadaan Rasyid setelah diinstruksikan Wali Kota Palembang untuk dilakukan pendampingan.

"Pagi tadi kita sudah jemput Bapak Rasyid yang ditelantarkan anaknya. Kondisinya sehat tapi sangat memprihatinkan," ungkap Heri kepada merdeka.com, Selasa (14/11).

Setelah melakukan negosiasi, Rasyid akhirnya dikembalikan ke keluarganya di Jalan Segaran, Lorong Terusan, Kelurahan 14 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I, Palembang. Sebelumnya, Dinas Sosial berencana mengirim Rasyid ke panti jompo jika keluarga enggan menerima.

"Alhamdulillah tidak ada masalah lagi, beliau sudah diterima anaknya bernama Afrizal. Tapi akan tetap kita pantau kondisinya," ujarnya.

Menurut dia, apapun motif penelantaran itu, pemerintah wajib bertanggung jawab sekaligus memberikan perlindungan. Bagi siapapun diimbau untuk tidak melakukan hal serupa, apalagi kepada orang tua sendiri.

"Kita harapkan tidak terjadi lagi, kalaupun ada masalah bisa diselesaikan baik-baik," pungkasnya.

Diketahui, Yenny Sun dalam akun FB-nya menuliskan cerita yang dia dapat dari pertemuannya dengan Rasyid. Berikut tulisan Yenny Sun:

Pagi ini kebetulan jalan sedang sepi, saya sempatkan untuk berhenti dan memberikan nasi. Sambil bertanya mengapa bapak ini bisa sampai terlantar di tempat itu. Sebuah jawaban yang sangat tidak masuk akal.

Bapak ini diusir oleh anak laki-lakinya dari rumah kontrakan anaknya di daerah Perumnas dengan alasan suka sakit-sakitan. Rasyid juga dianggap merepotkan karena matanya yang sudah kabur karena katarak. Rasyid sebenarnya punya 2 anak, 1 laki-laki dan 1 perempuan. Anak perempuannya sudah menikah dan tak tahu tinggal di mana.

Masih ada ya anak-anak yang menelantarkan orang tuanya sendiri. Untuk Pemerintah Pemkot Palembang Humas Pemkot Palembang bisakah membantu bapak ini untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak? Atau teman-teman di Palembang yg bekerja di bagian sosial atau yg biasa aktif bergerak di bidang sosial adakah yang dapat membantu bapak ini dibawa ke Panti sosial atau panti Jompo? Posisi bapak ini duduk di jalan dekat Sekolah Trisula. Jalan yang bisa tembus dari rambang ke Mayor Ruslan.

Bantu share ya teman-teman, semoga anak perempuan dari Bapak ini bisa melihat keadaan bapaknya dan menjemputnya. Semoga juga anak laki-lakinya mau bertobat dan membawa Bapaknya pulang untuk di rawat. Kisah pilu pria tua tersebut pun langsung membuat sebagian netizen memberikan komentarnya. Sebagian ada yang merasa prihatin, sebagian lagi menyayangkan tindakan sang anak yang seharusnya merawat orangtuanya tersebut, bukan malah menelantarkannya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Orang Tua Telantarkan Anak
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.