Capaian Vaksinasi Solo Raya Tinggi, Gibran Optimis Tak Ada Lonjakan Covid Akhir Tahun

Jumat, 19 November 2021 11:38 Reporter : Arie Sunaryo
Capaian Vaksinasi Solo Raya Tinggi, Gibran Optimis Tak Ada Lonjakan Covid Akhir Tahun Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Usai Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Kota Solo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Libur Natal dan Tahun Baru 2022 sudah di sepan mata. Pemerintah pusat berencana menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh tanah air. Kebijakan tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Pemerintah Kota Solo mengapresiasi rencana tersebut. Wali Kota Gibran Rakabuming Raka mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait kebijakan tersebut.

"Sudah kita antisipasi, sudah kita siapkan semua. Tenang aja. Kita menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Kemarin sudah disoundingkan sama Pak Menko Marivest," ujar Gibran, Jumat (19/11).

Selain menunggu instruksi dari pemerintah pusat, lanjut Gibran, pihaknya juga tengah menyiapkan langkah antisipatif.

"Tenang aja, kita sudah menyiapkan semua. Tempat-tempat isoter (isolasi terpusat), karantina, rumah sakit, rumah sakit darurat, dan para nakesnya," terangnya.

Tak hanya itu, dukungan TNI dan Polri juga sudah disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi kerumunan akibat kedatangan pemudik.

"Yang jelas Solo dan Solo raya ini vaksinasinya sudah tinggi, saya optimis akhir tahun nanti tidak ada lonjakan kasus. Tenang aja, vaksinasinya sudah tinggi capaiannya," tegasnya.

Putra sulung Presiden Jokowi itu menambahkan, saat ini BOR (bed occupancy rate) rumah sakit semua diminta untuk tetap siaga. Demikian juga seluruh rumah sakit darurat, tidak ada yang dibongkar atau tutup.

"Menjelang natal dan tahun baru ini kita kan harus siap semua. Untuk mengantisipasi gelombang ketiga juga. Tapi saya berharap tidak ada gelombang ketiga," pungkas dia. [bal]

Baca juga:
Pemerintah Kejar Target 70% Populasi Telah Divaksin pada Akhir Desember
Satgas: Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Riau, Lampung, Maluku dan Sultra Rendah
Anggota DPR Nilai Vaksin Booster Penting Seiring Munculnya Varian Baru Covid-19
CEK FAKTA: Penanganan Covid-19 di DKI Unggul dari Moskow & Paris, Ini Faktanya
Update Kasus Covid-19 dan Capaian Vaksinasi 18 November 2021
Dinkes Jateng Tunggu Arahan Kemenkes Terkait Vaksinasi Anak
PPKM Level 3 di Akhir Tahun, Pemkot Bandung Klaim Vaksinasi hampir 100 Persen

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini