BMKG Kupang pantau gerhana bulan dari atas gedung berlantai 5

Jumat, 27 Juli 2018 20:09 Reporter : Ananias Petrus
BMKG Kupang pantau gerhana bulan dari atas gedung berlantai 5 BMKG Kupang pantau gerhana bulan dari atas gedung berlantai 5. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan melakukan pengamatan gerhana bulan total pada Sabtu dini hari nanti. Gerhana bulan total akan dimulai pada pukul 00.13 WIB.

Untuk melihat gerhana bulan yang terlama terjadi dalam abad ini, BMKG Kupang akan melakukan pengamatan dari atas sebuah gedung berlantai 5.

Menggunakan telescop yang dilengkapi sebuah kamera astronomi, BMKG Kupang akan memantau fenomena bulan ini hingga pukul 6.30 WIT pagi. Gerhana total akan dimulai pukul 02.30 WIT, dan puncak totalitas gerhana terjadi sekitar pukul 03.21 WIT.

Seksi Data dan Informasi BMKG Kupang, Solakhudin mengatakan, gerhana kali ini berlangsung lama, karena bulan akan berada di titik terjauh dengan bumi atau titik apogee. Saat puncak gerhana terjadi, jarak bumi dan bulan mencapai sekitar 406.100 kilometer.

"Kalau gerhana bulan bisa beberapa kali terjadi di dalam satu tahun. Hanya saja untuk khusus untuk gerhana bulan malam ini merupakan gerhana bulan terlama di abad ke 21 ini," ujarnya, Sabtu (27/7) petang.

Menurut Solakhudin, gerhana bulan akan berlangsung 6 jam 14 menit dan gerhana total atau bulan hilang sekitar 103 menit.

"Total bulan hilangnya itu sekitar 103 menit jadi terlama di abad 21 ini. Kemungkinan akan terjadi lagi sekitar 100 tahun lagi, atau sekitar tanggal 9 Juni tahun 2123," tambahnya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini