Bertolak ke Jateng, Ketua Satgas Cek Zona Merah Covid-19

Kamis, 3 Juni 2021 07:21 Reporter : Supriatin
Bertolak ke Jateng, Ketua Satgas Cek Zona Merah Covid-19 Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Dia ingin mengecek langsung Kabupaten Kudus yang berstatus zona merah atau berisiko tinggi terhadap Covid-19.

“Untuk melihat secara langsung apakah apa yang disampaikan dalam berita itu sesuai dengan nyatanya atau tidak,” ujarnya, Rabu (3/6).

Ganip memastikan lembaganya akan mendukung penanganan Covid-19 di Kudus. Dia juga mendorong pemerintah daerah mengambil langkah tepat dan terpadu untuk mengendalikan Covid-91.

“Kita akan dorong semoga penanganan Covid-19 ini menjadi lebih baik dan kasus dapat dikendalikan,” kata Ganip.

Di sela-sela kunjungannya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menyerahkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Kudus. Selain itu, dia juga memberikan bantuan berupa tenda isolasi 2 buah, masker kain 20 ribu lembar, masker kain anak 10 ribu lembar dan handsanitizer sebanyak 20 jerigen dengan kapasitas 4 liter.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku sudah memprediksi terjadi kenaikan kasus Covid-19 usai libur Lebaran Idulfitri 2021. Kini, ada delapan kabupaten atau kota yang mengalami kenaikan kasus Covid-19 secara signifikan yakni Sragen, Tegal, Brebes, Banyumas, Cilacap, Karanganyar, Wonogiri dan Kudus.

“Ini terprediksi sebenarnya. Setiap kali ada libur panjang pasti ada kenaikan (kasus),” katanya.

Khusus di Kudus, kata Ganjar, kenaikan kasus Covid-19 terjadi akibat Pemerintah Kabupaten Kudus tidak mengambil langkah antisipasi. Pemerintah Kabupaten Kudus juga disebut tidak belajar dari kenaikan kasus Covid-19 dampak libur Lebaran Idulfitri 2020.
“Kaget gitu ya. Dia tidak prediksi, dia tidak antisipasi, lalu berikutnya panik,” tandas Ganjar. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini