Bertema 'Mataram Islam', Ini Makna Dekorasi Ngunduh Mantu Jokowi

Selasa, 29 November 2022 18:31 Reporter : Arie Sunaryo
Bertema 'Mataram Islam', Ini Makna Dekorasi Ngunduh Mantu Jokowi Foto 3 dimensi Dekorasi di Loji Gandrung Ngunduh Mantu kaesang Pangarep. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo Tengah mempersiapkan acara ngunduh mantu pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Seluruh prosesi adat akan dilakukan di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Minggu (11/12).

Dekorasi pun telah disiapkan untuk menghiasi venue yang akan digunakan. Asmoro Dekorasi dipilih untuk mempercantik lokasi upacara adat pernikahan Kaesang-Erina.

"Kami dari Asmoro Dekorasi mendapat mandat acara ngunduh mantu di Loji Gandrung. Jadi semua acara adat nanti diadakan di Loji Gandung, Mangkunegaran itu sifatnya hanya pesta. Jadi resepsi untuk menerima tamu dan pesta makan gitu, tidak ada upacara adat," ujar Panji, salah satu kru Asmoro Dekorasi saat ditemui, Selasa (29/11).

Menurut Panji, tema yang diangkat dalam prosesi tersebut adalah 'Mataram Islam'. Semua bentuk ornamen diambil dari Mataram Islam antara Solo dan Yogyakarta.

"Untuk Jogja, itu flora-nya, tanaman gitu lebih simpel. Kalau ukirannya Solo itu lebih detail, itu untuk faunanya, hewan-hewannya. Untuk ornamen lainnya nanti kita jelaskan," bebernya.

Ranu Asmoro, pemilik Ranu Dekorasi menambahkan, pengambilan tema 'Mataram Islam' dikarenakan Mataram Islam merupakan cikal bakal berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat. Mengingat mempelai berasal dari Solo dan Yogyakarta.

2 dari 2 halaman

"Untuk yang di Loji Gandrung memang khusus untuk acara adat. Salah satunya sungkeman, tumplak Punjen atau udik-udik. Dilanjutkan kirab ke Mangkunegaran," jelasnya.

"Kita juga mengajukan ide-ide dan presentasi ke keluarga juga.

Pria berusia 39 tahun tersebut memang terbilang dekorator beruntung. Ia kerap melayani jasa dekorasi pernikahan keluarga Presiden Jokowi.

Yang terbaru, dia menggarap dekorasi resepsi pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, yang dipersunting Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, di Solo, Kamis (26/5) lalu. [rhm]

Baca juga:
Update Pernikahan Anak Jokowi: Iriana Test Food, Kaesang-Erina Ziarah ke Lereng Lawu
Bocoran Menu Spesial yang Bikin Ngiler di Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina
Gibran Pastikan Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Rumah Pribadi
Bakal Meriah, Ini Persiapan Menjelang Pernikahan Kaesang-Erina
Pratikno dan Basuki Hadimuljono Akan Jadi Saksi Nikah Kaesang-Erina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini