Bertambah 153, Total Pasien Corona di Kaltim Mencapai 5.752

Minggu, 13 September 2020 01:09 Reporter : Saud Rosadi
Bertambah 153, Total Pasien Corona di Kaltim Mencapai 5.752 Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Kasus positif corona di Provinsi Kalimantan Timur bertambah 153, Sabtu (12/9). Total kasus corona di Kaltim mencapai 5.752, sebanyak 2.070 orang masih dirawat.

Kota Samarinda mencatatkan penambahan tertinggi penambahan kasus Corona, yakni 90 kasus. Disusul kota Balikpapan 32 kasus, Kutai Kartanegara 17 kasus, Kutai Barat dan Kutai Timur masing-masing 5 kasus, Paser 2 kasus, dan Penajam Paser Utara 1 kasus.

"Total kasus terkonfirmasi di Kalimantan Timur hari ini 5.752 kasus," kata Jubir Satgas Covid-19 Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak saat telekonferensi, Sabtu (12/9) sore.

Pun demikian dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia bertambah tiga orang, masing-masing di Balikpapan, Bontang dan Samarinda. "Total kasus meninggal 236 orang," ujar Andi.

"Untuk kasus sembuh dari Covid-19, bertambah 100 kasus. Sehingga kasus sembuh ada 3.442 kasus, dan yang masih dirawat 2.070 kasus," tambah Andi.

Dijelaskan Andi, dengan demikian, tergambarkan peningkatan kasus di Kalimantan Timur masih sangat tinggi. "Belum ada cenderung turun. Kita upayakan temukan kasus sebanyak-banyaknya, agar segera dirawat, dan tidak menularkan ke orang lain," ungkap Andi.

Andi kembali menyebut, kesadaran masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan masih rendah. "Transmisi lokal semakin meluas, merambah ke lingkungan keluarga, dan mempercepat terjadinya proses penularan. Karena biasa dalam interaksi di keluarga, tidak lagi perhatian protokol," sebut Andi.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kadinkes Kota Samarinda Ismed Kusasih menambahkan, transmisi lokal penularan virus SARS-CoV-2 sudah terjadi merata di Samarinda. "Transmisi lokal terjadi merata di 10 kecamatan," kata Ismed. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Corona Di Indonesia
  3. Samarinda
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini