Bebas dari Rutan Cipinang, Ahmad Dhani Kena Wajib Lapor di Surabaya

Senin, 30 Desember 2019 15:14 Reporter : Erwin Yohanes
Bebas dari Rutan Cipinang, Ahmad Dhani Kena Wajib Lapor di Surabaya Ahmad Dhani di rumahnya. ©2019 Liputan6.com/Rizki Putra Aslendra

Merdeka.com - Usai bebas dari hukuman ujaran kebencian, musisi Ahmad Dhani kini harus menjalani pidana percobaan selama 6 bulan atas kasus ujaran idiot di Surabaya. Ia pun dikenakan wajib lapor minimal 1 kali dalam 6 bulan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Surabaya, Fariman Isandi Siregar mengatakan, Ahmad Dhani dinyatakan secara efektif menjalani pidana kedua, setelah dinyatakan bebas dari masa hukumannya yang pertama di Rumah Tahanan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur terkait ujaran kebencian.

"Efektif (hukuman pidana kedua) berjalan setelah keluar (bebas)," ujarnya, Senin (30/12).

Secara teknis, dia menyampaikan, Ahmad Dhani harus menjalani proses wajib lapor minimal 1 kali dalam 6 bulan pidana percobaannya. Ia pun mensyaratkan, bahwa suami dari Mulan Jameela tersebut harus datang ke Kejari Surabaya untuk prosesi wajib lapor tersebut.

"Dia (Ahmad Dhani) harus wajib lapor minimal 1 kali dalam 6 bulan itu. Cuman teknisnya kapan (harinya), saya belum dapat laporan dari jaksanya (jaksa penuntut umum). Ya dia harus datang ke Surabaya (wajib lapor)," tambahnya.

Dia menegaskan, dalam tempo waktu menjalani masa hukuman percobaan itu, Ahmad Dhani tidak boleh melakukan tindak pidana. Bila hal itu dilakukannya, maka ia harus menjalani masa pidana penjara selama 3 bulan sebagaimana dalam putusan pengadilan.

"Intinya yang bersangkutan (Ahmad Dhani) selama 6 bulan itu tidak boleh melakukan tindak pidana. Jika dikemudian hari ada LP (laporan polisi) atau vonis lain, maka kita akan melaporkannya pada pengadilan," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Sementara itu kuasa hukum Ahmad...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini