Banyak Pasien Covid-19 Meninggal saat Isoman, Menkes Duga Tidak Mau Lapor dan Tes

Senin, 26 Juli 2021 16:39 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Banyak Pasien Covid-19 Meninggal saat Isoman, Menkes Duga Tidak Mau Lapor dan Tes Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sedih lantaran masih banyak pasien Covid-19 yang meninggal pada saat isolasi mandiri. Dia pun menduga mereka yang tidak tertolong bukan hanya tidak mendapatkan rumah sakit melainkan tidak melaporkan saat terpapar.

"Saya sedih, saya juga dapat masukan isoman meninggal, penyebabnya banyak, bukan hanya diterima di rs, tapi rupanya orang yang sakit di banyak daerah masih dilihat sebagai orang yang ternoda, terhukum, orang yang tidak baik perilakunya jadi kasihan orang-orang ini," kata Budi dalam konferensi pers pada akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/7).

Budi juga menduga mereka tidak mau dites, hingga tidak mau lapor. Disebabkan karena ada beban sosial.

"Karena itu sakit covid bukan aib, justru kalau saudara kita sakit harus dibantu, jangan diaibkan nanti malah gak mau lapor, telat masuk RS dan jadi kematian tinggi, jadi tolong bapak ibu segera lapor ke rs puskesmas, dokter agar bisa dites cepat supaya bisa tahu level keparahannya seperti apa dan ditreatment sesuai keparahannya," ungkapnya.

Dia pun berharap dengan hal tersebut bisa mengurangi angka kematian. Tidak lupa Budi pun meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, hal tersebut juga sebagai kado dalam rangka perayaan HUT RI ke-77.

"Saya hitung 22 hari lagi kita rayakan ulang tahun indonesia ke 77yuk kita kasih hadiah dengan proktol kesehatan, dengan diri kita sendiri, kalau bisa melaksanakan, mengurangi risiko ke diri, keluarga tetangga dan seluruh rakyat indonesia dan saya rasa itu jadi hadiah terbaik untuk Indonesia terima kasih," pungkasnya. [ded]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini