Antisipasi Penyakit Menular, Pemerintah Didorong Perkuat Ketahanan Kesehatan

Kamis, 19 Mei 2022 17:34 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Antisipasi Penyakit Menular, Pemerintah Didorong Perkuat Ketahanan Kesehatan Ilustrasi virus. ©Shutterstock.com/rosedesigns

Merdeka.com - Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengungkapkan bahaya virus menular ke depan seperti flu burung dan virus lainnya. Rahmad sudah diwanti-wanti hal ini oleh mantan Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Letjen TNI (Purn) Doni Monardo.

"Saya juga dapat informasi masukan dari ketua satgas yang kemarin, Pak Doni Jenderal Doni 'Ya Pak Rahmat ini ke depan itu belum sampai 10 tahun sudah ada kemarin ada penyakit flu burung, kemudian ada yang lain dan terakhir adanya ini," kata Rahmat dalam diskusi 'Hepatitis Akut Mengancam, Bagaimana Antisipasinya' di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/5).

Menurut Rahmad, potensi penyakit menular ke depan berbasis virus bisa jadi terulang kembali. Maka, ketahanan kesehatan perlu difokuskan melalui penciptaan vaksin karya anak bangsa.

"Harus kita persiapkan, kita akui bahwa dana yang dipakai adalah ratusan miliar untuk membuat vaksin, tetapi paling tidak berbasiskan dari laboratorium mengidentifikasi. Kemudian saya kira penelitian laboratorium, kalau ternyata ini akan terus berlanjut, amit-amit jangan sampailah," tuturnya.

2 dari 2 halaman

DPR Dukung Penguatan Ketahanan Kesehatan

Rahmad mengatakan, dalam hal ini DPR mendukung ketahanan kesehatan melalui vaksin buatan dalam negeri seperti vaksin merah putih. Dia mengatakan, Indonesia harus bisa mandiri.

"Kita harus punya ketahanan dari sisi kesehatan dalam hal ini adalah penciptaan vaksin, momentum pembuatan vaksin. Ini enggak boleh terulang lagi kita harus siap apapun yang berbasiskan virus, kita harus siap, dan ahli kita enggak kalah kok," pungkasnya.

Diketahui, sejumlah penyakit menular merebak di tengah penanganan pandemi Covid-19 dilakukan pemerintah. Penyakit itu yakni hepatitis akut.

Pemerintah masih menyelidiki penyebab hepatitis akut ini. Sementara Penyakit Mulut dan Kuku yang menyerang hewan ternak dipastikan tak menular kepada manusia.

Baca juga:
IDI: Adenovirus Masih Tersangka Utama Penyebab Hepatitis Akut
Menko PMK Klaim Kemenkes Kerahkan Semua Sumber Daya Tangani Hepatitis Akut
Perbedaan Virus dan Bakteri yang Penting Diketahui
Belgia Laporkan Wabah Flu Burung di Peternakan, 193 Burung Mati
AS Laporkan Kasus Pertama Flu Burung H5 Pada Manusia
Warga Inggris Tertular Virus Cacar Monyet Langka

.

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini