Angka Kematian Justru Meningkat, PPKM di Sumsel Dinilai Belum Optimal

Selasa, 20 April 2021 23:01 Reporter : Merdeka
Angka Kematian Justru Meningkat, PPKM di Sumsel Dinilai Belum Optimal Infografis PPKM Mikro. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Angka kematian pasien positif Covid-19 di Sumatera Selatan terus mengalami peningkatan. Padahal sejumlah daerah di provinsi itu berlangsung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Epidemiolog dari Universitas Sriwijaya Palembang Iche Andriyani Liberty mengungkapkan, kondisi itu menunjukkan pelaksanaan PPKM mikro belum optimal. Pemerintah setempat mestinya lebih serius menerapkan PPKM mikro yang diinstruksikan Kementerian Dalam Negeri.

"PPKM mikro di Sumsel sejauh ini belum optimal, perbaikan tidak terjadi dan kematian justru meningkat," ungkap Iche, Selasa (20/4).

Angka kematian di Sumsel saat ini mencapai 4,80 persen yang tercatat lebih tinggi dari nasional sebesar 2,7 persen. Sementara kematian pasien Covid-19 di Sumsel sebelum PPKM mikro di angka 4,75 persen.

"Angka kematian justru naik dibanding sebelum PPKM mikro," kata dia.

Kemudian, angka kesembuhan di Sumsel berada di angka 89,19 persen yang masih di bawah angka nasional sebesar 90,8 persen. Sementara positivity rate di angka 29,49 persen atau lebih tinggi dari nasional 28,61 persen.

"Dari sisi keterisian tempat tidur juga meningkat, mencapai 51 persen atau lebih tinggi dibanding sebelum PPKM yakni 30 persen," ujarnya.

Dikatakan, konsep PPKM mikro idealnya melakukan penelusuran, pemeriksaan, dan penyembuhan dari lingkup terkecil. Namun realisasinya terbilang sangat kurang dan harus dievaluasi untuk ditingkatkan.

"Mestinya menjadi pertimbangan untuk dievaluasi menjadi lebih baik," kata dia.

Diketahui, terdapat 7 kabupaten dan kota di Sumsel yang menggelar PPKM mikro pada periode pertama 6-19 April 2021. Yakni Palembang, Prabumulih, Lubuklinggau, Banyuasin, Ogan Komering Ulu, Musi Rawas, dan Muara Enim. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini