Amankan Freeport, ratusan Brimob Polda Sumut dikirim ke Papua

Jumat, 3 Mei 2013 19:03 Reporter : Yan Muhardiansyah
Amankan Freeport, ratusan Brimob Polda Sumut dikirim ke Papua brimob jaga kedubes myanmar. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Sebanyak 140 personel Brimob Polda Sumut segera dikirim ke Papua. Mereka akan ditugaskan untuk menjaga keamanan di kawasan PT Freeport Indonesia.

Pengiriman 140 Brimob Polda Sumut ini didasarkan pada telegram Kapolri Nomor TR/200/IV/2013 tanggal 12 April 2013. "Ke-140 personel Brimob ini akan melaksanakan tugas BKO Polda Papua dalam rangka pengamanan PT Freeport," ungkap Kapolda Sumut Irjen Wisjnu Amat Sastro di Mapolda Sumut, Jumat (3/5).

Personel Brimob dari Polda Sumut akan bertugas bersama. Satuan Gegana Korps Brimob Polri dan Personel Sat Brimob Polda Jawa Barat. Mereka akan menggantikan pasukan dari Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sebelumnya, pasukan sudah diberikan berbagai pembekalan melalui latihan praoperasi BKO Polda Papua selama selama 5 hari penuh dari 22-26 April 2013," sebut Wisjnu.

Dia mengingatkan pasukan yang diberangkatkan agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Soalnya, tugas BKO Polda Papua untuk melaksanakan tugas pengamanan PT Freeport Indonesia tidak ringan.

"Tugas ini tidak ringan dan penuh tantangan, maka kalian sebagai Brimob Polri yang merupakan andalan Polri dalam menghadapi ancaman yang berintensitas tinggi, diharapkan mampu melaksanakan tugas ini dengan baik, aman dan sukses," sebut Wisjnu.

Personel yang diberangkatkan juga diingatkan untuk menghindari tindakan yang dapat memicu unjuk rasa atau konflik. "Hindari tindakan yang merugikan, membahayakan diri sendiri dan kesatuan," ucap Wisjnu.

Ke-140 personel Brimob Polda Sumut ini, akan bertugas sekitar 6 bulan di Polda Papua. Mereka akan diberangkatkan pada 5 Mei 2013. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Krisis Papua
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini