Akhir September, langit Bandung akan dihiasi aerobatik pesawat

Selasa, 25 September 2012 15:36 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Akhir September, langit Bandung akan dihiasi aerobatik pesawat Pesawat milik TNI AU. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pagelaran akrobatik udara siap digelar dalam acara Bandung Air Show (BAS) pada 27 - 30 September 2012, di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, Bandung. Nantinya langit-langit Bandung akan dihiasi aerobatik udara profesional yang akan diisi penerbang dari dalam dan luar negeri.

Sekitar 28 pesawat dari Malaysia, Singapura, Filipina, Amerika, dan Australia sudah memastikan kehadirannya untuk meramaikan BAS 2012 yang sudah kali kedua digelar.

"Aksi aerobatik dari luar itu, didukung dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang akan mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk mendukung aktivitas pertunjukan udara," ujar Danlanud Husein Satranegara Kolonel Pnb Umar Sugeng Hariyono, dalam jumpa persnya di Bandung, Selasa (25/9).

Selain dari luar, acara yang digelar dalam memperingati hari jadi Bandung ke-202 ini juga akan menampilkan atraksi dari anak negeri melalui TNI AU. "Dari anak negeri akan menggunakan pesawat tempur TNI AU - Hawk 200 atau yang dikenal sebutan Black Panther," paparnya.

Menurutnya, ada sekitar 50 pesawat dari dalam dan luar akan beratraksi dalam acara bertajuk 'Berjaya Dirgantara'. Ini baru kali pertama BAS mengundang para aerobatik udara profesional dari luar negeri.

"Sebelumnya kami hanya mengandalkan dari dalam negeri saja, tapi saat ini kita ingin puaskan penonton, dengan mengundang aerobatik hebat dari luar negeri," ujarnya.

Maksud dari kehadiran para aerobatic udara dari luar sendiri, adalah untuk kembali membangkitkan gairah Bandung sebagai kota Dirgantara yang sebelumnya sempat disematkan pasca mengudaranya pesawat N-250 pada 1995 lalu. Tidak lupa CN-235 yang pada saat ini menjadi pesawat angkut unggulan turut menyemarakkan BAS 2012.

Umar berharap, dengan kembalinya gelaran BAS 2012 dapat menjadikan pameran Kedirgantaraan terbesar nasional maupun internasional. Selain ragam atraksi yang ditampilkan dalam BAS 2012, ada juga 220 stand yang terdiri dari stand industri kedirgantaraan, dan stand kuliner.

Untuk membangun ketertarikan generasi muda akan aktivitas dirgantara maupun industrinya sebanyak 1.400 pelajar SMA diberikan kesempatan berkreativitas dengan mengikuti lomba merangkai replika pesawat terbanyak. Kegiatan ini akan dicatat dalam rekor MURI.

Dia menginginkan acara BAS bisa terus menjadi event dua tahunan yang dapat dibanggakan oleh masyarakat Jawa Barat khususnya Bandung. "Kami melihat dari setiap gelaran BAS selalu ditanggapi positif dan antusiasme yang begitu besar," ujarnya.

Tiket masuk Bandung Air Show (BAS) 2012 terbagi dua. Khusus bagi mahasiswa dan pelajar Rp 5 ribu, sementara untuk umum Rp 15 ribu. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Bandung Air Show
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini