90 Persen anak muda di Indonesia gunakan internet untuk media sosial

Sabtu, 31 Maret 2018 22:24 Reporter : Hari Ariyanti
90 Persen anak muda di Indonesia gunakan internet untuk media sosial Ilustrasi Media Sosial. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Ratusan juta anak-anak atau para pemuda di Indonesia merupakan pengguna internet. Namun dari jumlah itu baru sedikit yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini untuk hal-hal produktif. Kebanyakan dari mereka hanya memanfaatkan internet untuk media sosial.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi Ketenagakerjaan Kemnaker, Suhartono, di @America, Pacific Place, Jakarta Selatan, Sabtu (31/3). Suhartono mengatakan berdasarkan data BPS, dari 143 juta jiwa anak muda, 54 persen itu sudah menggunakan internet.

Angka ini merupakan potensi besar dan peluang kerja dunia digital sangat terbuka lebar. "Ini kondisi dan data yang ada di Indonesia," ujarnya.

"Tapi 90,61 persen anak muda masih memanfaatkan internet hanya untuk media sosial dan jejaring sosial," tambahnya.

Selain media sosial, sebanyak 52,28 persen anak muda menggunakan internet untuk hiburan. Untuk mendapatkan informasi atau berita sebanyak 78,89 persen, mengerjakan tugas sekolah sebanyak 31,12 persen, menerima atau mengirim surat elektronik sebanyak 27,47 persen, pembelian atau penjualan barang dan jasa sebanyak 13,18 persen, serta fasilitas finansial 6,89 persen.

"Ini yang masih kecil pembelian dan penjualan barang dan jasa, masih 13 persen dan ini jadi peluang. Kita dapat data dari BPS dan kita olah. Ada peluang kerja yang sangat besar di penjualan barang dan jasa," jelasnya.

Suhartono menyampaikan era ekonomi digital akan memberikan banyak keuntungan kepada masyarakat. Keuntungannya antara lain; efisiensi, efektivitas, transparansi, akuntabilitas, kenyamanan, dan kemudahan. "Serta harga yang murah. Bahkan virtually free," sebutnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Media Sosial
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini